Sukses

Cegah Anemia hingga Sembelit, Ini 4 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan

Meskipun ukurannya kecil, kacang polong kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Kacang polong merupakan salah satu sayuran yang digemari banyak orang. Kacang polong merupakan biji bulat yang berasal dari polong tanaman pisum sativum. Kacang polong termasuk ke dalam jenis sayuran dari keluarga Legume bersama kacang buncis, lentil, dan lainnya.

Meskipun ukurannya kecil, kacang polong kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kacang polong merupakan sumber protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti magnesium, zat besi, kalsium, mangan, zinc, dan kalium. Kacang berwarna hijau ini juga mengandung serat, folat, dan vitamin (A, B, C, E, serta K).

Tak heran jika kacang polong memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang polong dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kacang polong? Berikut ulasannya dirangkum dari Boldsky, Kamis (4/3/2021).

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengontrol Gula Darah

Kacang polong memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah. Hal ini terbukti dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan serat dan protein yang kaya pada kacang polong juga mampu membantu mengontrol gula darah. Pasalnya, serat dapat memperlambat laju penyerapan karbohidrat di mana mendorong peningkatan kadar gula darah jadi lebih lambat dan stabil.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya protein dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Efek kacang polong pada gula darah diketahui dapat mengurangi risiko beberapa kondisi, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Mencegah Sembelit

Kacang polong kaya akan serat yang bagus untuk buang air besar dan bakteri usus. Kacang polong membantu melancarkan buang air besar dan mengurangi sembelit.

Kandungan mineral, vitamin B, dan protein yang baik dalam kacang polong dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah terkait perut kembung dan masalah lambung.

 

 

4 dari 5 halaman

3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam kacang polong membantu meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan sel darah merah dalam tubuh serta mencegah risiko anemia. Selain itu, kacang polong juga membantu melawan gejala kekurangan zat besi, seperti kelelahan. Kacang polong menghasilkan sekitar 7,5 persen dari total kebutuhan zat besi dalam sehari.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kekurangan fosfor dapat menyebabkan kesehatan tulang yang buruk dan gigi yang mudah goyang. Kacang polong merupakan sumber fosfor yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak. Selain itu, kandungan fosfor dalam kacang polong dapat mencegah hilangnya nafsu makan, sendi kaku, dan tulang yang rapuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.