Sukses

5 Manfaat Mengejutkan Mendengarkan Musik Saat Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang senang mendengarkan musik saat berolahraga. Meskipun mendengarkan musik sembari berolahraga bukanlah fenomena baru, kebanyakan individu belum menyadari bahwa musik benar-benar mempengaruhi latihan mereka.

Mendengarkan musik saat olahraga memang sangat menyenangkan. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut memiliki berbagai dampak positif lainnya bagi kesehatan tubuh?

Sebuah penelitian dari University of Southern Queensland dan Brunei University membuktikan, musik dapat membuat olahraga terasa lebih ringan dan menyenangkan. Mendengarkan musik saat olahraga mampu membantu meningkatkan performa individu dan memotivasi diri agar lebih bersemangat.

Nah, penasaran apa saja manfaat dari mendengarkan musik sembari berolahraga? Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

 

 

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Hormon

Musik merupakan salah satu hal yang sederhana, tetapi memiliki pengaruh yang kuat. Musik dapat menyebabkan perubahan perilaku dan proses berpikir pada individu tertentu.

Mendengarkan ketukan yang stabil dan kuat selama sesi latihan dapat membuat Anda berada dalam mode semangat dan mengubah kadar hormon dalam tubuh. Hal tersebut membantu mempercepat pertumbuhan fisik Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Performa Fisik Lebih Baik

Beberapa penelitian membuktikan bahwa musik cenderung meningkatkan performa olahraga seseorang. Memutar musik yang lebih banyak ketukan per menit sebenarnya berpotensi meningkatkan kinerja fisik seorang atlet selama latihan tingkat rendah hingga sedang.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Lebih Produktif dan Kuat

Ketika kinerja fisik meningkat, individu cenderung berolahraga lebih banyak. Hal ini meningkatkan produktivitas dan kekuatan yang lebih tinggi daripada yang diharapkan. Daya tahan dan kekuatan merupakan dua hal yang dibutuhkan saat sedang berolahraga. Sementara musik yang ideal benar-benar membantu mereka mendapatkannya. Sebuah penelitian menyatakan, musik mampu mengalihkan perhatian individu dari rasa sakit yang dirasakan saat sedang olahraga.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Semangat

Musik dapat meningkatkan mood Anda saat sedang berolahraga. Tempo dan volume yang tepat juga dapat mempengaruhi mood dan semangat Anda.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Tingkatkan Irama dan Hindari Cedera

Musik dengan tempo yang tepat dapat membantu Anda meningkatkan irama dan menghindari cedera. Irama yang tinggi dikaitkan dengan tingkat cedera yang lebih rendah.

Sebuah studi menemukan, ketika seseorang berlari mengikuti musik antara 130-200 BPM, itu akan mempercepat atau memperlambat langkah kaki mereka seiring dengan musik tersebut.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini: