Sukses

Wajib Coba, 5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok

Perawatan rambut untuk mencegah kerontokan juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut lebat dan berkilau adalah impian semua orang, baik itu wanita maupun pria. Sayangnya ada permasalahan rambut yang paling menjengkelkan yaitu ketika rambut mengalami ketombe dan rontok. Biasanya, rambut akan mudah mengalami kerontokan saat usia sudah lewat dari 15 tahun. 

Faktor usia, hormon, obat-obatan, genetika, dan kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Agar terhindar dari kebotakan, Anda harus segera melakukan perawatan rambut. Selain merawat dari luar dengan berbagai jenis haircare, rambut juga perlu dirawat dari dalam.

Caranya dengan mengubah pola makan yang sehat. Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi akan membuat rambut sehat, seperti lebat dan berkilau. Dilansir dari eatthis.com, lima makanan ini dapat mengatasi permasalahan kerontokan rambut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Salmon

Salmon memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan omega-3 dalam ikan salmon ternyata juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Omega-3 dipercaya dapat menumbuhkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih tebal.

Selain itu, rambut juga akan menjadi berkilau. Hal ini karena omega-3 bersifat antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan peradangan ketika rambut mengalami kerontokan.

 

3 dari 6 halaman

2. Bayam

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu kekurangan mineral, vitamin D, zat besi, dan protein. Jika mengalami kerontokan rambut, sayuran bayam cocok dikonsumsi untuk menghentikannya. 

Hal ini lantaran, bayam mengandung zat besi dan sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam juga mengandung omega-3, kalsium, magnesium, dan kalsium. Sehingga dapat membuat rambut tetap berkilau dan tidak mudah kusut.

 

4 dari 6 halaman

3. Ayam

Menurut studi Annals of Dermatology, asam lemak omega-6 yang dikenal sebagai asam arakidonat (AA), memiliki manfaat untuk membantu pertumbuhan rambut. Sehingga rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

Asam arakidonat sendiri dapat ditemukan pada hewan, seperti ayam. Berdasarkan survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) tahun 2005-2006 di Amerika, satu porsi ayam panggang mengandung 154 mg asam arakidonat.

 

5 dari 6 halaman

4. Telur

Salah satu penyebab seseorang mengalami rambut rontok, yaitu karena kekurangan vitamin B. Telur mengandung vitamin B yang disebut biotin, yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan memperkuat kuku yang rapuh. 

Hal ini telah dibuktikan dalam International Journal of Trichology. Dalam studi tersebut, sekelompok wanita yang memiliki rambut rontok terbukti karena kekurangan biotin.

6 dari 6 halaman

5. Greek Yogurt

Beberapa mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, yaitu yodium dan selenium. Jika kekurangan kedua mineral tersebut, maka akan menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, mengonsumsi Greek Yogurt baik untuk menghentikan rambut rontok karena makanan ini mengandung yodium dan selenium.

Yogurt yang rendah lemak mengandung setengah yodium dan 34 persen selenium yang dibutuhkan tubuh. Makanan ini dapat dikonsumsi saat sarapan atau sebagai camilan. Tak hanya mampu menurunkan berat bedan, yogurt dapat membuat rambut tebal dan sehat.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.