Sukses

Bikin Otak Sehat hingga Turunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Konsumsi Granola Secara Rutin

Liputan6.com, Jakarta - Granola adalah campuran gandum, kacang-kacangan, buah-buahan kering, biji-bijian, rempah-rempah, selai kacang, & pemanis seperti gula atau madu. Ini merupakan makanan yang bernutrisi dan kaya akan protein, serat, dan mikronutrien.

Secara khusus, granola menyediakan mikronutrien yang sehat seperti zat besi, magnesium, seng, tembaga, selenium, vitamin B dan vitamin E. Bahan protein dan serat tinggi dalam granola yang termasuk kacang-kacangan, seperti almond, kenari dan kacang mete, dan biji-bijian seperti rami, labu dan wijen berkontribusi pada rasa kenyang.

Jumlah tingkat protein yang termasuk dalam granola memengaruhi hormon penting seperti ghrelin dan GLP-1. Dan dengan demikian mengonsumsi granola dapat membantu mengaktifkan neuron otak dan transmisi saraf yang sehat untuk meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri, dan vitalitas.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi rutin granola terhadap tubuh Anda seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

 

2 dari 9 halaman

1. Menurunkan tekanan darah

Granola merupakan sarapan sederhana yang dapat membantu menurunkan hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan berserat tinggi seperti oat dan biji rami saat dimasukkan ke dalam makanan membantu menurunkan tekanan darah.

3 dari 9 halaman

2. Mengurangi kadar kolesterol

Granola mengandung serat larut yang dapat membantu mengurangi kolesterol berbahaya yang mungkin beredar di dalam arteri dan mengancam kesehatan jantung.

Oat sebagai bahan merupakan sumber beta glukan yang baik, sejenis serat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang berperan sebagai faktor risiko penyakit jantung.

4 dari 9 halaman

3. Menurunkan kadar gula darah

Granola adalah komposer kaya mangan yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Biji-bijian utuh, buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang terkandung dalam granola membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, terutama bagi orang yang menderita obesitas atau pradiabetes.

5 dari 9 halaman

4. Meningkatkan kesehatan usus

Granola mengandung bahan-bahan sehat yang membantu menjaga saluran pencernaan tetap fit dan sehat. Serat dalam granola membantu mengurangi peradangan di usus karena cenderung meningkatkan tingkat bakteri usus yang sehat, dibandingkan dengan sereal sarapan olahan.

6 dari 9 halaman

5. Meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan aktivitas kognitif 

Granola membantu meningkatkan aliran darah bersih dan oksigen ke otak bersama dengan seluruh tubuh yang membantu otak bekerja lebih cepat dan lebih efektif. Itu memelihara hubungan yang mapan antara usus & otak. Usus yang lebih sehat meningkatkan fungsi otak yang sehat.

7 dari 9 halaman

6. Memberikan banyak antioksidan

Kandungan seperti kelapa, biji chia dan kacang Brazil merupakan sumber antioksidan yang baik. Karenanya ketika ditambahkan ke granola, itu cenderung meningkatkan tingkat antioksidan. Bahan-bahan ini membantu melawan peradangan dan menyediakan asam galat, quercetin, selenium, dan vitamin E.

8 dari 9 halaman

7. Membantu mencegah anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan anemia. Granola dengan kandungan mineralnya yang tinggi seperti zat besi membantu memerangi dan mencegah anemia.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: