Sukses

Cosplay Karakter Anime Saat Nyoblos Pilkada, Aksi Gadis Ini Viral

Liputan6.com, Surabaya - Sebuah video TikTok yang menunjukkan aksi seorang gadis berdandan tak biasa saat akan mencoblos di momen pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020 menarik perhatian publik hingga menjadi perbincangan viral.

Siedney Maureen, gadis berumur 17 tahun ini memutuskan berdandan cosplay saat akan memilih calon pemimpin daerahnya. Momen unik ini terjadi di TPS 25 Kelurahan Petemon, Surabaya.

Pilkada serentak 2020 telah digelar pada Rabu, (9/12/2020). Di balik ketegangan dan euforia pemilihan kepala daerah tersebut, ada saja hal-hal unik yang terjadi.

Salah satunya adalah pemilih yang datang dengan dandanan unik ala karakter anime atau biasa disebut cosplay.

Melalui akun TikTok @shinamouri, ia mengunggah video dirinya mengenakan kostum anime saat datang ke TPS. Shina juga menceritakan bahwa saat itu adalah kali pertama dirinya menggunakan hak suaranya untuk memilih.

Meskipun begitu, ia tak menunjukkan proses saat dirinya menyoblos surat suara karena ada larangan untuk merekam.

“Baru pertama kali nyoblos. Gak boleh rekam di dalam TPS, jadi dari luarnya aja,” tulis Shina dalam videonya.

2 dari 5 halaman

Menggunakan kostum dan aksesori yang detail

Dalam videonya, Shina cosplay menjadi karakter “Rem” dari anime Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu. Ia menggunakan kostum maid lengkap dengan rambut palsu berwarna biru muda di kepalanya.

Setelah selesai, ia terlihat memasukkan surat yang sudah dicoblos ke dalam kotak suara. Kemudian, ia mencelupkan jarinya ke dalam tinta seperti ketentuan bagi individu yang telah mencoblos.

3 dari 5 halaman

Respons Warganet

Hingga Senin Sore (14/12/2020), video yang diunggah pada hari Jumat (11/12/2020) itu telah ditonton lebih dari 1,5 juta, disukai lebih dari 110 ribu, dan mendapat 1700 komentar warganet. Tak sedikit yang menilai penampilan Shina lucu dan unik.

"Dia keren sebenarnya cuma salah negara aja," tulis akun Repii.

"Gue yang pakai baju biasa aja malu banget ke TPS," kata akun Dinda Vf.

"Subaru ga nyoblos apa?" sahut akun Cahyo Rendy Wicakson.

"Walaupun vvibu tapi nasionalisme tetep ya bund," komentar akun Shin.

"Pantes afk lagi nyoblos ternyata," tulis akun Ahtansia.

4 dari 5 halaman

Dirinya memang hobi cosplay

Dalam akun TikTok-nya, Shina kerap membagikan video dirinya saat bepergian ke beberapa tempat dengan dandanan cosplay. Shina sendiri mengaku dirinya memang menyukai cosplay, namun sejak pandemi ia jarang menggunakan kostumnya.

“Hobi saya memang bercosplay. Saat pandemi begini, kostum cosplay saya jarang dipakai. Kebetulan kemarin ada coblosan Pilkada, jadi iseng-iseng pakai salah satu kostum saya,” kata Shina saat dihubungi tim Citizen6-Liputan6.com, Senin (14/12/2020).

Selain itu, ia mengatakan bahwa momen dirinya cosplay ke tempat pemilu tersebut mendapat respons yang berbeda-beda dari orang di sekitarnya.

“Ada yang kaget, ada yang bengong, ada yang senyum-senyum, bahkan sampai ada yang berhenti untuk melihat,” kata Shina.

Gadis asal Surabaya itu juga tak menyangka kalau videonya akan viral di media sosial.

“Jujur enggak nyangka banget bisa se-viral itu bahkan tembus lebih dari 1,5 juta viewers,” imbuh Shina. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: