Sukses

Bernapas Lebih Baik, 6 Makanan Ini Bantu Bersihkan Paru-Parumu

Makanan-makanan berikut ini dapat membersihkan paru-paru dari polusi sehingga membantu Anda bernapas lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Polusi udara dapat sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Dari asma yang memburuk, menyebabkan penyakit pernapasan lainnya hingga penyakit kardiovaskular, polusi udara bahkan dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih besar akibat COVID-19. Semua itu membuat perawatan paru-paru lebih penting dari sebelumnya.

Makan makanan tertentu dapat membantu Anda membangun ketahanan terhadap efek berbahaya dari polutan. Dokter merekomendasikan untuk menambahkan makanan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu detoksifikasi paru-paru Anda, dan melindungi tubuh dari polusi udara.

Jika Anda tinggal di tempat yang tercemar, berikut beberapa perubahan pola makan yang dapat membantu melindungi paru-paru Anda. Berikut adalah daftar makanan yang akan membantu memperkuat kekebalan Anda dan menurunkan risiko terkena infeksi akibat polusi udara seperti dilansir dari TimesofIndia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jahe

Salah satu pengobatan rumahan yang paling umum digunakan untuk menyembuhkan batuk dan pilek, jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Jahe membantu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

Tanaman ini juga kaya vitamin dan mineral seperti magnesium, kalium, beta-karoten dan seng, yang semuanya membantu menjaga kesehatan paru-paru. Anda bisa menambahkan jahe ke teh dan masakan Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Kunyit

Kunyit membantu mengurangi peradangan dan hidung tersumbat yang disebabkan oleh penyakit pernapasan. Senyawa aktif dalam kunyit membersihkan paru-paru secara alami.

Ini juga membantu dalam membangun kekebalan dan mendetoksifikasi tubuh. Anda bisa menggunakan kunyit mentah atau bubuk dalam susu, teh, dan dalam makanan.

 

4 dari 7 halaman

3. Madu

Madu adalah pemanis alami dan populer karena sifat antibakterinya yang membantu mengurangi masalah pernapasan. Ini membantu dalam membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Sesendok madu dalam air hangat sangat bermanfaat untuk membersihkan paru-paru Anda. Ini juga membantu meredakan pilek dan batuk.

 

5 dari 7 halaman

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa kuat yang disebut allicin, yang bertindak sebagai agen antibiotik dan membantu menyembuhkan infeksi saluran pernapasan. Ini membantu meredakan hidung tersumbat dan sesak napas.

Ini membantu dalam mengurangi peradangan dan risiko kanker paru-paru. Bawang putih juga bekerja sangat baik bagi pasien asma.

 

6 dari 7 halaman

5. Teh hijau

Dari menurunkan berat badan hingga mengurangi peradangan, teh hijau memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mengonsumsi teh hijau dua kali sehari bisa bagus untuk memperbaiki kondisi paru-paru apa pun.

 

7 dari 7 halaman

6. Lemak sehat

Pilih makanan yang rendah karbohidrat dan lebih tinggi lemak sehat untuk membersihkan paru-paru Anda. Lebih banyak oksigen digunakan dan karbon dioksida diproduksi saat memetabolisme karbohidrat daripada saat memetabolisme lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.