Sukses

4 Cara Ini Bisa Tentukan Anda Pilek karena Covid-19 atau Bukan

Dengan 4 cara ini, Anda bisa mengetahui apakah pilek Anda sebenarnya Covid-19 atau bukan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pernah mengalami hidung tersumbat atau meler. Ada banyak alasan ini terjadi, dari infeksi sinus, flus biasa, stres, bahkan alergi. Namun di kala pandemi Covid-19 masih berlangsung, tentu ada harus lebih waspada.

Hal ini dikarenakan mengingat gejala Covid-19 juga memengaruhi hidung dan sinus Anda. Tentu Anda tak ingin mengabaikannya atau gagal menanggapinya dengan serius.

Ada cara untuk menentukan apakah hidung tersumbat dan pilek Anda adalah gejala Covid-19 atau bukan. Apa saja cara tersebut? Ini dia seperti dilansir dari Bestlifeonline.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hidung tersumbat Anda tak merespons obat alergi

Ahli alergi Sara Narayan, MD dalam sebuah artikel untuk Rumah Sakit Emerson di Massachusetts mengatakan bahwa satu tanda pasti bahwa hidung tersumbat Anda mungkin disebabkan oleh Covid adalah saat Anda minum obat alergi, tak ada perubahan setelahnya.

Itu indikasi yang cukup bagus bahwa hidung tersumbat atau pilek Anda disebabkan oleh hal lain selain alergi. Untuk itu, Anda sebaiknya berobat ke dokter.

 

3 dari 5 halaman

2. Anda tak memiliki alergi musiman

Belum pernah mengalami alergi musiman sebelumnya? Maka kemungkinan besar Anda juga tak memilikinya sekarang.

Tergantung pada berapa lama hidung tersumbat dan gejala lain yang Anda alami, bisa jadi sebenarnya Anda terkena pilek, flue, dan bahkan Covid.

 

4 dari 5 halaman

3. Anda mengalami demam

Jika Anda mengalami demam selain hidung yang tersumbat, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Menurut Narayan, alergi hampir tak pernah menyebabkan Anda demam.

Namun, gejalanya sangat umum terjadi pada kasus flu serta virus Corona baru. Tentu saja, kedua penyakit tersebut harus ditangani dengan sangat serius.

 

5 dari 5 halaman

4. Badan terasa sakit dan pegal-pegal

Hal yang sama berlaku untuk tubuh yang terasa nyeri. Anda hampir tak akan pernah mengalami gejala tersebut karena alergi, tapi biasanya karena Covid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.