Sukses

9 Hal Ini Terjadi pada Tubuh Anda yang Suka Makan Makanan Pedas

Beberapa hal ini dapat terjadi pada tubuh Anda yang menyukai makanan pedas. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Mayoritas orang Indonesia tak bisa hidup tanpa sambal. Makan terasa belum lengkap bila tidak dilengkapi dengan sesuatu yang pedas.

Makanan pedas bisa membuat candu bagi beberapa orang. Tapi, tak banyak yang menyadari dampak positif dan negatif dari mereka yang suka makan makanan pedas.

Berikut ini hal-hal yang terjadi pada tubuh Anda yang suka makan makanan pedas. Dilansir dari Brightside, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berat badan turun

Makan makanan pedas adalah cara mudah untuk membakar lemak ekstra. Tidak ada yang bisa menggantikan olahraga dan diet sehat, tetapi tak ada salanya mengonsumsi kapsinoid yang ditemukan dalam lada. Zat ini dikenal dapat meningkatkan pengeluaran energi dan mengurangi lemak tubuh.

2. Lebih tahan rasa sakit

Sulit dipercaya, karena makan makanan pedas itu sendiri menyakitkan bagi sebagian orang. Namun, para ahli menyarankan bahwa capsaicin dapat menargetkan zat khusus di otak kita yang bertanggung jawab atas perasaan menyakitkan. Itu menipu otak kita untuk mengabaikan rasa sakit.

 

3 dari 6 halaman

3. Sistem kekebalan tubuh meningkat

Sambil menikmati makanan panas, tubuh Anda diperkaya dengan antioksidan. Ini sangat berguna selama musim flu, karena antioksidan melindungi kita dari kuman yang menyerang tubuh kita. Jika Anda sudah merasa tidak enak badan, makanlah sesuatu yang pedas untuk menjaga kekebalan Anda tetap kuat.

4. Bikin umur panjang

Studi menunjukkan bahwa mereka yang makan makanan pedas 6-7 hari per minggu memiliki angka kematian 14% lebih rendah. Penelitian tersebut mengamati pecinta makanan pedas secara independen dari faktor risiko lainnya, sehingga makanan pedas tidak akan membantu mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat.

 

4 dari 6 halaman

5. Konsumsi gula Anda menurun

Bukan rahasia lagi bahwa gula buruk bagi kesehatan Anda, tetapi mengurangi jumlahnya tidaklah mudah. Para ahli mengatakan bahwa menambahkan hidangan pedas ke menu Anda dari waktu ke waktu dapat membantu melawan keinginan akan gula.

Ini mirip dengan minum segelas jus jeruk setelah menggosok gigi - setelah makan sesuatu yang pedas, biasanya kita tidak menginginkan sesuatu yang manis.

6. Lidah Anda akan menderita

Lidah Anda akan menjadi yang pertama yang merasakan konsekuensi negatif dari keinginan Anda akan makanan panas. Lidah Anda akan merasakan sensasi panas dan ini bukan hanya perasaan, ini akan menjadi luka bakar yang sebenarnya.

Karenanya, Anda tidak akan bisa merasakan rasa sebanyak sebelumnya, tapi jangan khawatir, ini hanya sementara. Reseptor rasa Anda akan pulih, kecuali Anda makan terlalu banyak makanan pedas setiap hari untuk waktu yang lama.

 

5 dari 6 halaman

7. Dapat menyebabkan reaksi alergi

Beberapa orang mengatakan mereka mengalami wajah bengkak dan gatal di pagi hari setelah makan malam yang pedas. Ini bisa terjadi karena lada cenderung menyebabkan alergi. Bagi sebagian orang, reaksi ini hanyalah reaksi alami tubuh terhadap rempah.

8. Masalah perut memburuk

Jika Anda memiliki perut yang sensitif, makan makanan pedas adalah ide yang buruk. Pertama, bisa menyebabkan diare. Selain itu, dapat menyebabkan gastritis sementara, atau jika Anda sudah mengalami masalah perut, kemungkinan besar akan memburuk.

 

6 dari 6 halaman

9. Bisa meningkatkan mulas

Cabai mengandung kombinasi asam dan ketika kita mengonsumsinya terlalu banyak, dinding perut kita mulai terbakar. Kondisi ini bisa memburuk dan menjadi kronis dalam jangka panjang.

Jadi, bukan hal yang bijak untuk makan terlalu banyak makanan pedas. Jika Anda sudah mengalami mulas, cobalah minum susu, atau dinginkan dengan es krim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.