Sukses

Bertemu Teman di Tengah Pandemi, Ikuti 5 Langkah Pencegahan Ini Agar Aman dari Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan kesembilan tahun ini, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia terus meningkat. Pandemi tak hanya merusak kesehatan orang, tapi juga menjauhkan kita dari kehidupan normal kita.

Selama pandemi, Anda terpaksa harus melakukan pertemuan virtual dengan teman-teman, menjaga jarak sosial, bahkan menghabiskan waktu di dalam rumah. Sekian lama mengurung diri di rumah, pasti ada keinginan untuk bertemu dengan teman-teman Anda.

Sebelum Anda bertemu dengan teman-teman Anda selama pandemi, penting untuk diingat bahwa risikonya masih tinggi. Dengan belum adanya vaksin yang efektif dan aman untuk Covid-19, interaksi tatap muka dengan teman dan anggota keluarga akan selalu membawa bahaya tertular infeksi.

Berikut 5 hal yang harus Anda ingat saat bersosialisasi selama pandemi seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

2 dari 7 halaman

1. Tanyakan dirimu: Apa ini penting?

Tak peduli seberapa besar keinginan Anda untuk bertemu teman, Anda perlu mempertimbangkan manfaat dan risiko yang terkait dengan interaksi ini. Ingat, ketika Anda memutuskan untuk bertem dengan seseorang yang tidak dikarantina, Anda selalu menempatkan diri pada risiko tertular penyakit.

Oleh karena itu, sebelum keluar dari rumah sangat disarankan untuk memikirkan pro dan kontra dari pertemuan tersebut. Ini sangat penting terutama jika Anda tinggal bersama keluarga di mana orang tua berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat Covid.

 

3 dari 7 halaman

2. Jangan melepaskan masker

Memakai masker adalah kewajiban di masa pandemi ini. Terlebih jika Anda akan bertemu dengan orang-orang yang tidak tinggal serumah.

Selain menjaga jarak, mengenakan masker sama pentingnya dalam hal menjaga diri Anda. Ada kemungkinan Anda tergoda melepaskan masker di sekitar teman saat tidak sedang makan, tapi ingatlah ada risiko tertular Covid meski tanpa gejala apapun.

 

4 dari 7 halaman

3. Jika memungkinkan, bertemu di luar ruangan

Penting untuk diketahui bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk berpesta hingga larut malam, bersantai di kedai kopi ber-AC, atau malah ke klub malam bersama teman. Bantulah tenaga medis menekan penyebaran Covid.

Jika Anda berencana bertemu teman-teman Anda, pilih tempat di luar ruangan karena angin dapat membantu memencarkan virus. Karena berada di luar ruangan menurunkan risiko tertular infeksi, pastikan memilih tempat yang berventilasi baik untuk bertemu teman.

 

5 dari 7 halaman

4. Tidak berbagi minuman, makanan, atau alat makan

Risikonya di sini terletak pada menyentuh piring atau minuman teman Anda dan kemudian tanpa sengaja menyentuh wajah sesudahnya. Sangat penting untuk menjaga tangan sebersih mungkin. Jadi, hindari berbagai makanan dan minuman dengan teman Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Tidak berjabat tangan atau berpelukan

Para ahli telah menyarankan untuk menghindari bentuk salam seperti ini karena rawan penyebaran Covid. Cukup saling mengangguk atau melambai sambil tetap menjaga jarak.

Selalu bawa cairan pembersih tangan dan hindari menyentuh area dengan sentuhan tinggi. Meski tak ada cara yang sangat mudah untuk sepenuhnya menghindari infeksi, tindakan seperti ini akan membantu Anda meminimalkan risikonya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: