Sukses

Kelewat Kreatif, Pria Ini Melukis Menggunakan Mesin Tik

Seorang pria melukis berbagai potret dan lanskap menggunakan mesin tik.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelukis biasanya memerlukan kuas, cat, dan kanvas untuk menggambar sebuah objek. Namun, berbeda dengan seniman satu ini. Ia memilih menggunakan mesin tik untuk menciptakan berbagai lukisan yang indah.

James Cook, seorang mahasiswa arsitektur muda yang terjun ke dunia seni mesin tik sekitar lima tahun yang lalu. Ia mengaku terinspirasi dari seorang seniman mesin tik terkenal, yaitu Paul Smith yang tidak dapat menggunakan kuas atau pensil untuk melukis karena mengalami kelumpuhan otak yang parah.

"Saya memulainya sekitar lima tahun lalu, saat itu saya masih kuliah dan mengambil seni. Baru melalui penelitian saya, saya menemukan pria bernama Paul Smith, yang menderita kelumpuhan otak," kata James seperti mengutip dari Oddity Central, Senin (7/9/2020).

Karena kondisinya tersebut, ia pun tak bisa menggunakan pensil atau kuas untuk menggambar. Namun, ia menggunakan mesin tik dan akhirnya menghasilkan potret dan gambar yang menakjubkan.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

James memulai sejak lima tahun lalu

Karena alasan tersebut, James pun mulai tertarik dengan seni mesin tik dan memutuskan untuk mencoba hal baru tersebut.

“Saya sangat terinspirasi oleh ceritanya, dan saya memulainya sekitar lima tahun yang lalu dan saya belum berhenti sejak itu," tambah James.

3 dari 4 halaman

Kini ia memiliki 20 mesin tik

Ia membeli mesin tik pertamanya di toko barang antik milik sepasang lansia. James mulai membuat karyanya dengan ilustrasi dan menggambar berbagai potret atau pun lanskap.  

Puas dengan hasil karyanya menggunakan mesin tik pertamanya, James mulai membeli lagi dan mengumpulkannya. Hingga kini, ia memiliki sekitar 20 mesin tik.

4 dari 4 halaman

Menurutnya, mesin tik bisa sebagai media artistik

Baginya, mesin tik tersebut tak lagi berguna sebagai alat tulis. Namun, sangat mengesankan sebagai media artistik.

James menggambar berbagai potret, seperti potret selebriti, karakter ikonik dari sebuah film, hingga lanskap yang rumit. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa karya James lainnya seperti merangkum dari Instagram @jamescookartwork.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.