Sukses

5 Fakta Bahaya Kursi Kantor yang Buruk Saat Diduduki Bagi Kesehatan

Berikut penjelasan dampak dari posisi saat duduk yang salah pada kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Kemungkinan kita lebih sering untuk menghabiskan waktu berjam-jam di kursi di belakang komputer. Menurut statistik yang dirilis oleh BigThink.Com, sebagian orang menghabiskan 7709 hari dalam hidup mereka dengan duduk.

Jika kita terbiasa menghabiskan waktu di kantor untuk duduk, maka sangat penting untuk memiliki kursi kantor yang bagus atau posisi duduk yang benar.

Melansir dari karo.com, posisi kursi yang buruk akan berhubungan dengan postur tubuh, kelelahan, dan sakit kepala serta leher. Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sirkulasi darah yang buruk

Percaya atau tidak, kursi yang buruk bisa memengaruhi aliran darah di tubuh Anda. Jika kursi Anda tidak disetel dengan benar atau tidak memungkinkan duduk dinamis, ini dapat menyebabkan aliran darah yang buruk ke bahu, kaki, punggung, dan leher Anda.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan duduk untuk waktu yang lama, Anda memiliki kemungkinan dua kali lipat terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan seseorang yang tidak duduk sepanjang hari.

Anda dapat mengimbangi risiko itu dengan berolahraga secara teratur, tetapi berjam-jam di kursi Anda tetap akan terkena berdampaknya. Ditambah lagi bahwa kebanyakan dari kita juga duduk cukup lama ketika kita sedang tidak di tempat kerja, dan masalahnya akan semakin parah.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatnya lemak tubuh

Duduk di kursi yang buruk selama berjam-jam membuat Anda menganggur yang menyebabkan kurangn gerak. Menurut Washington Post, “Pankreas menghasilkan insulin, hormon yang membawa glukosa ke sel untuk energi."

Tetapi sel-sel di otot yang tidak aktif tidak merespons insulin dengan mudah, sehingga pankreas memproduksi lebih banyak, yang dapat menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya. Sebuah studi tahun 2011 menemukan penurunan respons insulin setelah hanya satu hari duduk dengan waktu cukup lama.

4 dari 6 halaman

3. Penurunan konsentrasi

Kursi kantor yang buruk, misalnya kursi tanpa dudukan busa yang dibentuk, dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi hanya karena ketidaknyamanan yang akan mengganggu Anda. Anda akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencoba menemukan postur yang nyaman dan mengatur ulang posisi Anda.

5 dari 6 halaman

4. Meningkatnya kelelahan

Saat tulang belakang Anda tidak sejajar, sisa otot Anda harus mengimbangi untuk membantu Anda tetap tegak. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kelelahan yang meningkat karena kekurangan darah segar dan oksigen.

6 dari 6 halaman

5. Masalah pencernaan

Percaya atau tidak, duduk diam di kursi kantor yang buruk dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Seperti yang Anda ketahui, pencernaan memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Makanan akan mencapai sel-sel dalam tubuh hanya jika dilarutkan dengan baik dalam aliran darah. Duduk diam di kursi yang tidak pas selama berjam-jam dapat memperlambat proses ini.

Kesimpulannya, kursi yang buruk tidak hanya memengaruhi kinerja Anda, tetapi juga kesehatan Anda. Jika Anda duduk di tempat kerja, penting untuk mengetahui kapan kursi Anda perlu diganti atau mengganti kursi yang berkualitas baik.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.