Sukses

Pakai Nama Malaikat Israfil di Koleksi Sepatu Terbarunya, Kanye West Tuai Kecaman

Liputan6.com, Jakarta Pengemar sepatu sneaker pastinya tidak ingin tertinggal untuk memiliki koleksi terbaru dari brand favoritnya. Tidak sedikit yang lantas sampai rela antri berdesak-desakan demi mendapatkan koleksi teranyar tersebut. Mereka bahkan sampai rela membayar mahal demi mendapatkan model sepatu terbaru dari brand favoritnya tersebut.

Baru-baru ini brand sepatu ternama Adidas telah meluncurkan seri baru sepatu bermerek 'yeezy' milik Kanye bernama Adidas Yeezy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asriel. Ya, seri sepatu terbarunya itu dinamai sesuai dengan Malaikat (Israfil) dan Malaikat (Asriel) yang dianggap suci bagi umat Islam.

Sontak saja hal tersebut memicu perdebatan karena Kanye West telah dituduh "tidak menghormati Islam" lantaran pemilihan nama sepatu Yeezy Boost barunya itu. 

Muslim di media sosial mengkritik pengumuman tersebut di lini Twitter bertuliskan " Yang Terhormat @adidas, saya akan BERHENTI membeli dan menggunakan produk Anda jika nama sepatu terbaru Kanye West tidak diubah karena TIDAK MENGHORMATI Islam. #ShameOnKanyeWest #ShameOnYeezy," tulis akun twitter @SeptianaTri3

 

 

2 dari 5 halaman

Petisi Boikot Yeezy Boost 350

Petisi dengan judul "Adidas perlu mengubah nama YEEZY BOOST 350 V2 ISRAFIL" tersebut sudah ditandatangani sebanyak 2.362 ribu partisipan. Lebih lengkapnya, petisi tersebut bertuliskan dengan keterangan "Ini sangat menyinggung komunitas Muslim. Memiliki nama-nama malaikat, yang sangat kami hormati pada sepatu yang digunakan untuk berjalan di jalan adalah bentuk ketidaksopanan yang sangat besar di semua komunitas Muslim."

Kami menuntut Adidas segera menghentikan semua produksi sepatu ini, mengeluarkan permintaan maaf yang tulus kepada komunitas Muslim dan berkonsultasi dengan perwakilan komunitas Muslim untuk menjembatani kurva pembelajaran ini sehingga hal ini tidak terjadi lagi di masa mendatang."

3 dari 5 halaman

Belum ada konfirmasi

Hingga saat ini, baik pihak dari Kanye West, atau pihak Adidas masih belum memberikan komentar apapun terkait kontroversi tersebut. Padahal tidak sedikit yang sudah mendesak mereka untuk segera meminta maaf dan menarik sepatu tersebut dari pasaran.

Dan meminta agar pihak Adidas segera mengganti nama produk dengan menyerukan tagar #BoycottAdidas, apabila tetap masih ingin memasarkan produk sepatu tersebut secara global.

 

4 dari 5 halaman

Harga

Yeezy Boost 350 V2 Israfil sudah dirilis oleh Adidas pekan lalu seharga $225 atau Rp 3,3 juta, sedangkan Yeezy Boost 350 V2 Asriel dikatakan akan dirilis bulan depan dengan harga $220 atau sekitar Rp 3,2 juta. 

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: