Sukses

6 Cara Ini Dapat Membantumu Mencegah Varises

Liputan6.com, Jakarta Varises berkembang ketika katup kecil di dalam vena Anda berhenti bekerja dengan baik. Dalam pembuluh darah yang sehat, ada serangkaian katup kecil yang membuka dan menutup utnuk memungkinkan darah mengalir lancar ke jantung dalam satu arah.

Jika katup ini rusak atau melemah, darah mengalir mundur menyebabkan pembuluh darah membengkak dan membesar.

Ada banyak hal yang banyak hal yang dapat menyebabkan varises seperti: usia, berat badan, berdiri atau duduk dalam waktu lama, kehamilan, genetika, memakai sepatu hak tinggi, dan lainnya. Berikut ini beberapa cara mencegah varises seperti dihimpun dari Brightside.

 

2 dari 8 halaman

1. Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama

Berdiri atau duduk dalam satu posisi untuk waktu yang lama membuat darah Anda lebih sulit untuk melakukan perjalanan ke pembuluh darah kaki melawan gravitasi. Akibatnya, tekanan dalam pembuluh darah Anda meningkat.

Ini dapat menyebabkan kerusakan pada katup pembuluh darah Anda. Bergerak meski hanya sedikit setiap setengah jam akan mengurangi tekanan dan meningkatkan sirkulasi darah Anda.

 

3 dari 8 halaman

2. Olahraga rutin

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kekuatan kaki, sirkulasi, dan kekuatan vena. Fokus pada latihan yang melatih kaki seperti berjalan atau berlari.

Ini dapat meningkatkan penampilan varises dan mencegah pembentukan vena baru. Namun, harus ditekankan bahwa latihannya tak boleh terlalu berat dan segera berhenti jika merasa tak nyaman.

 

4 dari 8 halaman

3. Menjaga berat badan yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk mengembangkan varises, terutama wanita yang kelebihan berat badan dan orang tua. Ini karena membawa kelebihan berat badan memberikan tekanan lebih tinggi pada pembuluh darah Anda dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada katup sehingga menyebabkan varises.

Mencoba mempertahankan berat badan yang sehat juga akan memaksa kita untuk makan lebih sehat dan berolahraga secara teratur. Dengan cara ini, Anda akan dapat dengan mudah melihat kelainan pada tubuh dan mengobatinya tepat waktu.

 

5 dari 8 halaman

4. Menyeimbangkan hormon dengan minyak esensial

Berbagai minyak atsiri sangat bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan peradangan dan ketidakseimbangan hormon. Pijatkan minyak esensial pada kaki atau area varises yang mulai tampak beberapa kali sehari.

 

6 dari 8 halaman

5. Mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi mengubah gerakan berjalan alami, menggeser berat ke kaki depan, dan menyebabkan betis tetap berkontraksi. Ini menyebabkan pengumpulan darah vena di kaki.

Saat kaki diangkat dari lantai, pembuluh darah di kaki penuh dengan darah. Saat tumit dan lengkungan kaki menyentuh lantai, darah mengalir ke pembuluh darah betis yang rileks.

Otot-otot betis kemudian berkontraksi yang mendorong darah hingga ke vena dalam dan menyebabkan varises.

 

7 dari 8 halaman

6. Melakukan diet anti-inflamasi

Diet anti-inflamasi akan membantu membalikkan peradangan dan meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah Anda. Ini akan memungkinkan untuk menyembuhkan varises lebih cepat dan mencegah pembentukan di masa depan.

Pola makan yang kaya lemak, gula, kafein, makanan olahan, dan alkohol akan menyebabkan kerusakan arteri, masalah tekanan darah, dan menurunkan sirkulasi. Namun diet yang kaya akan tembaga (tembaga adalah nutrisi penting yang memperkuat sistem kerangka, menstabilkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi), bioflavonoid, (mengurangi pembengkakan pada varises), buah-buahan yang kaya antioksidan dan tanin (unsur alami yang menjaga pembuluh darah Anda dari kebocoran), dan air akan membantu dengan pencegahan varises.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: