Sukses

Rutin Konsumsi Campuran Kunyit dan Madu, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Campuran kunyit dan madu ternyata miliki banyak manfaat. Penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Campuran antara kunyit dan madu bisa mencegah dan menyembuhkan beberapa infeksi virus dan bakteri. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan membuatmu tetap sehat.

Kunyit dan madu juga memiliki khasiat penyembuhan. Keduanya bisa menghasilkan campuran yang miliki kandungan antibakteri, anti kanker dan bahkan anti inflamasi. 

Campuran ini juga baik untuk bakteri usus, meningkatkan pencernaan, bahkan aman dan tidak memiliki efek samping.

Melansir dari Boldsky, Senin (23/3/2020), untuk membuat campuran ini, bahan yang kamu perlukan di antaranya satu sendok kunyit bubuk, sedikit lada hitam, satu sendok teh kulit lemon parut, 2 sedok makan cuka sari apel, 100 gram madu dan satu sendok makan kunyit.

Pertama-tama masukkan lada hitam, bubuk kunyit dan cuka sari apel dalam mangkuk. Lalu, tambahkan madu dan kulit lemon ke dalamnya. Aduk seluruh campuran dengan baik dan pindahkan ke dalam stoples kaca. Tarus toples di dalam lemari es. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lainnya

Jika kamu tengah mengalami flu, konsumsilah campuran ini sebanyak satu sendok makan satu jam sekali selama dua hari. Di hari ketiga, kamu hanya mengkonsumsinya tiga kali sehari.

Selain itu, konsumsilah satu sendok makan campuran tersebut secara rutin. Ini bisa meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh, kesehatan dan juga mencegah beberapa jenis kanker.

3 dari 3 halaman

Cara Mengkonsumsinya

Untuk mengkonsumsinya, kamu hanya perlu membiarkan campuran tersebut larut di mulut sebelum kamu menelan. Selama lima menit berikutnya, jangan makan atau minum apa pun.

Namun, jika kamu tidak bisa mengkonsumsi campuran tersebut secara langsung, kamu bisa menambahkannya ke dalam teh atau sarapanmu. Atau bisa kamu jadikan selai ketika ingin makan roti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.