Sukses

Takut Tertular Virus Corona, Viral Video Pria Dikurung di Rumah Usai Pulang dari Wuhan

Belum lama ini, sebuah video yang beredar di media sosial merekam aksi sekelompok orang mengurung seorang pria di dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) resmi menyatakan bahwa virus Corona merupakan darurat kesehatan global. Hal tersebut dinyatakan dalam pertemuan kedua Emergency Committee di Jenewa, Kamis 30 Januari 2020 waktu setempat.

Di sisi lain, peneliti di China, AS, dan Australia tengah berusaha mengembangkan vaksin yang ampuh untuk atasi virus Corona. Hal ini dikarenakan belum adanya obat menimbulkan rasa takut di kalangan masyarakat.

 

Misalnya belum lama ini, sebuah video yang beredar di media sosial merekam aksi sekelompok orang mengurung seorang pria di dalam rumah. Diketahui, pria tersebut baru datang dari Wuhan yang menjadi asal wabah virus Corona.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Tidak hanya warga setempat yang mengurung pria tersebut, tapi bahkan keluarganya turut mendukung aksi warga. Tujuan mereka agar pria itu tidak menyebarkan virus Corona yang mematikan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @charles984681, tampak beberapa orang pria membawa kayu panjang. Tak hanya itu, ada pula yang tengah memaku pintu dengan kayu tersebut agar orang yang berada di dalam rumah tak bisa keluar.

 

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Selain terdengar orang memaku, juga terdengar suara pria yang memohon agar dirinya diizinkan keluar rumah. Padahal, pria itu belum tentu sakit atau tertular virus meski baru saja kembali dari Wuhan.

Sebab, bila orang tersebut tidak sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang baik, ia bisa saja tidak tertular virus Corona. Tindakan sekelompok orang tersebut menuai kritik dari warganet.

 

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Menurut warganet, aksi pemblokiran tersebut tidak manusiawi. Jika memang takut pria tersebut membawa virus Corona, netizen menyarankan pria itu dibawa tempat karantina untuk mendapatkan pemeriksaan medis terlebih dahulu.

"Wuhan adalah sumber virus, tetapi bukankah orang-orang Wuhan masih manusia?" ujar seorang netizen.

"Wabah epidemi Wuhan bukanlah kesalahan orang-orang Wuhan. Kita harus menempatkan diri kita pada posisi mereka, " tulis netizen lain.

Video itu sendiri telah ditonton lebih dari 240 ribu kali dan dibagikan lebih dari seribu kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.