Sukses

Jangan Abai, Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Sakit dan Minta Bantuan

Liputan6.com, Jakarta - Udara segar dan bebas polusi menjadi sesuatu yang sulit diperoleh. Secara tak langsung, ini akan memengaruhi paru-paru Anda.

Bila Anda memerhatikan tanda-tanda yang diberikan tubuh bahwa paru-paru Anda bermasalah, Anda bisa mengobatinya atau cukup pergi ke tempat yang masih memiliki udara bersih. Berikut tanda-tanda itu seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Nyeri punggung dan bahu

Meskipun ini gejala yang terjadi, punggung, bahu, atau bahkan nyeri dada dapat mengindikasikan awal kanker paru-paru. Jika terdeteksi pada tahap awal, ini bisa diobati.

Jika rasa sakit ini lebih kuat dan bertahan lebih lama dari sakit punggung biasa atau jika Anda sering mengalaminya, pergi ke dokter merupakan ide yang baik.

 

2 dari 6 halaman

2. Batuk

Batuk bisa menjadi indikasi penyakit sederhana seperti flu, tapi juga bisa merupakan gejala penyakit kronis. Penting untuk mengetahui cara membedakan berbagai jenis batuk.

Batuk akut dan sub-akut mungkin merupakan tanda-tanda kanker paru-paru, terutama jika dikombinasikan dengan gejalan lain seperti batuk darah.

 

3 dari 6 halaman

3. Napas pendek

Napas pendek paling sering disebabkan oleh kondisi jantung atau paru-paru, seperti asma atau alergi. Jika Anda mengalami ini, adalah ide yang baik untuk mencoba cari tempat yang bebas polusi. Anda juga bisa mencoba latihan rutin yang lebih efisien. Pastikan untuk menghubungi dokter jika Anda sering mengalami sesak napas.

 

4 dari 6 halaman

4. Mata dan kulit kuning

Ini bisa menjadi indikator masalah hati yang juga dapat disebabkan oleh kanker paru-paru. Sakit kuning adalah suatu kondisi yang mengubah kulit Anda menjadi kuning. Ini juga memengaruhi bagian putih mata Anda, menjadikannya kuning pucat, atau kuning tua pada penyakit yang telah akut.

 

5 dari 6 halaman

5. Kurang energi

Semua orang pasti merasa lelah, ini sesuatu yang normal. Kurang tidur atau stres dapat menjadi penyebab kelelahan Anda. Tapi jika Anda sering merasakan hal ini, batuk tak kunjung hilang, kehilangan nafsu makan, Anda mungkin memiliki kondisi medis yang mendasarinya. Segera periksakan diri ke dokter.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gunakan Rokok Elektrik, Paru-Paru Claire Rusak dan Memutih