Sukses

Jenis Kurma di Indonesia, Hingga Manfaatnya untuk Tubuh

Jenis kurma yang dijual di Indonesia ini memiliki nama lain kurma nabi.

Liputan6.com, Jakarta Kurma adalah buah yang sering disebut sebagai buah khas Timur Tengah. Kurma sendiri memiliki nama latin Pheonix dactylifera. Kurma memiliki banyak kandungan zat-zat yang bergizi seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc. Kurma juga memiliki kandungan vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Untuk menikmati buah kurma, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke daerah Timur Tengah, karena sekarang kita dapat menjumpai buah kurma di Indonesia dan dijual diberbagai tempat mulai dari pasar hinga supermarket.

Kurma sendiri memiliki jenis yang beragam. Setiap jenis kurma juga memiliki rasa yang berbeda-beda bahkan kandungan nutrisi yang berbeda. Di dunia sendiri terdapat belasan jenis kurma yang dapat dikonsumsi. Di Indonesia ada beberapa jenis kurma yang sering dijumpai dan sering dijual diberbagai tempat.

Meskipun kurma identing dengan oleh-oleh saat kita berkunjung ke Arab atau oleh-oleh saat pergi haji, kurma sejatinya sudah banyak dijual di Indonesia. Karena manfaatnya yang begitu bagus untuk kesehatan tubuh, kurma juga sering diolah untuk pembuatan minuman, hingga sirup. Bahkan kurma juga menjadi tambahan untuk obat herbal. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang kurma yang perlu kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis kurma yang ada di Indonesia

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa adalah jenis kurma yang paling mahal diantara jenis lainnya yang dijual di Indonesia. Kurma yang berasal dari Madinah dan punya nama lain kurma nabi ini memiliki bentuk yang padat dan keras tapi memiliki rasa yang paling enak dan nikmat. Ciri-ciri dari kurma Ajwa adalah warnanya hitam pekat, ukurannya agak besar, tidak lembab, kering, dan rasa manisnya hampir menyerupai kismis.

2. Kurma Lulu

Jenis kurma ini lebih murah dibandingkan dengan kurma Ajwa namun rasa dan bentuknya hampir sama. Kurma Lulu memiliki ukuran yang lebih kecil dari kurma Ajwa.

3. Kurma Amer Hajj

Kurma Amer Hajj atau Amir Haji ini juga berasal dari Irak. memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Kurma Amer Hajj berasal dari Irak dan sering disebut dengan "welcome kurma", karena sering diberikan untuk menyambut tamu.

4. Kurma Palmfruit

Jenis kurma ini paling sering diperjual belikan. Kurma Palmfruit berasal dari Tunisia. Ciri-ciri kurma ini memiliki bentuk yang lonjong dan panjang, memiliki warna coklat kemerahan, dan cenderung kenyal. Kurma Palmfruit juga terkenal dengan rasanya yang cukup manis.

5. Kurma Muda

Seperti namanya, kurma muda memang dijual ketika belum matang. Kurma ini memiliki warna kuning gading dan memiliki tekstur agak keras. Kurma muda biasanya dimanfaatkan untuk obat kesuburan wanita, dan cocok untuk dikonsumsi kepada wanita yang sedang melakukan program hamil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kurma

Selain jenis kurma yang begitu banyak, kurma juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyak. Beberapa jenis kurma bahkan digunakan untuk tambahan obat herbal, diolah menjadi munuman, hingga makanan ringan kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kurma yang perlu kamu ketahui.

1. Mengurangi risiko kanker usus

Jika sitem pencernaah berjalan dengan baik, maka segala mecam resiko penyakit yang menyerang usus tidak akan terjadi. Kurma adalah salah satu buah yang jika dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan kesehatan usus. Kurma akan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi untuk memelihara kesehatan usus.

2. Meningkatkan energi

Kurma mengandung gula alami yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang menyebabkan rasa dari buah ini menjadi manis. Ketiga gula ini akan mendongkrak energi dengan cepat sehingga dapat menjaga komponen dalam tubuh tetap tinggi dan memberikan asupan energi untuk tubuh.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Mengkonsumsi kurma juga bisa mengurangi sembelit yang kamu derita, karena kurma mengandung serat yang tinggi. Mengkonsumsi kurma kurang lebih 12 gram akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mencerna makanan lebih baik.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat tersembunyi kurma

4. Memperkuat tulang

Kurma yang telah diolah dengan cara dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Anak-anak dengan masa pertumbuhan cocok sekali untuk mengkonsumsi kurma agar membantu proses tumbuhnya.

5. Mengontrol tekanan darah

Potasium dan mineral yang terkandung dalam kurma dapat menurunkan tekanan darah. Terlebih kurma juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat menstabilkan level gula darah dalam tubuh. Kandungan magnesium juga dapat melemaskan otot jantung dan pembuluh darah yang membuat tekanan darah lebih terkontrol

Itulah beberapa jenis kurma yang ada di Indonesia hingga manfaatnya yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi. Namun karena kadar gula yang cukup tinggi, alangkah baiknya jika mengkonsumsi kurma dengan sewajarnya saja. Jika kurma dikonsumsi dengan tidak wajar atau berlebihan, bisa saja tubuh akan mengalami kegemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini