Sukses

Ciri-Ciri Gajah dan Fakta Uniknya, Tak Sekadar Memiliki Ukuran Serba Besar

Liputan6.com, Jakarta Gajah merupakan hewan terbesar yang hidup di Bumi. Hampir seluruh bagian tubuh dari hewan ini memiliki ukuran yang besar. Di dunia kita mengenal ada dua jenis gajah, yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Perbedaan dari kedua jenis gajah ini adalah pada ukurannya. Gajah Afrika dikenal lebih besar daripada gajah Asia. Nah, di Indonesia sendiri terdapat dua spesies gajah, yaitu gajah Sumatera dan gajah Kalimantan.

Gajah termasuk ke dalam hewan mamalia yang hampir punah. Bagaimana tidak, hewan ini banyak diburu oleh orang-orang. Oleh karena itu, gajah ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Dilansir dari laman World Wildlife Fund (WWF), berdasarkan lembaga konservasi internasional, International Union for Conservation of Nature atau IUCN, kedua spesies ini mengalami kondisi kritis. Banyak ancaman yang dihadapi oleh kedua spesies ini untuk bertahan di habitatnya. Salah satu ancaman serius bagi populasi gajah ini adalah karena perburuan dan perdagangan gadingnya.

Gading gajah banyak diperjualbelikan secara illegal akibat tingginya permintaan produk gading di pasar gelap internasional. Padahal keduanya berstatus Appendix I berdasarkan CITES (perjanjian internasional yang mengatur perdagangan spesies) yang dimana spesies ini tak boleh diperjualbelikan.

Gajah menjadi sasaran para pemburu untuk diambil gadingnya dan dijual. Gading gajah ini banyak diburu untuk dijadikan ukiran dan aksesori. Banyak orang yang percaya bahwa dengan memiliki produk ukiran dari gajah dapat mengangkat derajat sosial dan menjadi hal bergengsi. Hal inilah yang menyebabkan populasi gajah terus menurun dan punah.

Selain gading yang menjadi ciri-ciri gajah, ada beberapa ciri-ciri gajah lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut Liputan6.com, Rabu (20/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber, ciri-ciri gajah yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya. 

 

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri Gajah

Selain gading sebagai ciri khas dari gajah, ternyata ada ciri-ciri gajah lainnya yang perlu Anda ketahui. Ini ciri-ciri gajah:

Ukuran Gajah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau ternyata gajah Afrika lebih besar daripada gajah Asia. Ya, gajah Afrika memiliki bobot antara 2268 hingga 6350 kilogram dengan tinggi mencapai 4 meter. Sedangkan kisaran bobot gajah Asia adalah berkisar 2041 hingga 4990 kilogram dengan tinggi mencapai 3 meter.

Belalai pada Gajah

Belalai pada gajah ini adalah perpanjangan dari bibir bagian atas dan hidung. Belalai pada gajah ini memiliki berbagai fungsi yang vital bagi kehidupan seekor gajah. Ya, belalai gajah digunakan untuk menggenggam, bernapas, untuk makan yaitu dengan memasukkan makanan ke dalam mulut, untuk minum, untuk membersihkan diri dari debu, untuk mengendus, mengangkat, berkomunikasi, sebagai alat perlindungan dan tentunya sebagai alat penginderaan.

Untuk mendukung berbagai fungsi vitalnya ini, belalai gajah diperkirakan dilengkapi oleh 100.000 otot dan tendon. Hal ini membuat belalai gajah tak hanya menjadi sangat fleksibel, melainkan juga kuat. Belalai gajah ini juga bisa memanjang, loh. Selain itu juga bisa menegang atau berkontraksi, serta bisa digerakkan ke segala arah sesuai kehendak gajah.

Telinga Gajah

Tak hanya tubuhnya saja yang besar, beberapa bagian tubuh gajah lainnya juga besar seperti telinga. Salah satu ciri-ciri gajah ini adalah ukuran telinganya yang besar. Ukurannya bisa mencapai seperenam dari ukuran tubuhnya dan memiliki fungsi utama dalam proses pendinginan.

Telinga gajah ini mengandung jaringan pembuluh darah dengan ukuran yang sangat kecil dan begitu ekstensif. Aliran darah yang hangat saat bersirkulasi pada jaringan tersebut akan mendingin sebagai akibat dari pengaruh lingkungan di luar tubuh gajah. Hal ini bisa terjadi karena lapisan kulit pada gajah sangat tipis, sehingga kontak antara darah dengan temperature lingkungan luar lebih dingin dapat terjadi.

Berdasarkan fungsinya ini, maka telinga gajah yang habitatnya lebih dekat pada ekuator akan lebih besar daripada gajah yang habitat hidupnya lebih jauh dari garis khatulistiwa. Semakin dengan habitatnya ke ekuator, maka akan semakin banyak panas yang harus dipindahkan dari tubuh gajah. Oleh karena itu gajah memiliki bentuk telinga yang lebih lebar.

3 dari 3 halaman

Gading Gajah Sering Diburu

Nah, ini merupakan ciri-ciri gajah yang pastinya sudah tak asing lagi. Ya, gading gajah. Setiap spesies pada gajah baik itu jantan atau betina, pasti akan memiliki gading. Ciri ciri gading gajah jantan memiliki ukuran lebih besar (50 – 79 kilogram) dibandingkan dengan gading gajah betina yang hanya (18 – 20 kilogram).

Sedangkan gajah Afrika memiliki gading yang lebih besar dibandingkan dengan gajah Asia. Ya, bobot gading gajah terberat yang pernah ditimbang bisa mencapai 100 kilogram, loh.

Kaki Miring pada Gajah

Ciri-ciri gajah lainnya adalah kaki pada gajah yang memiliki keunikan. Kaki pada gajah memiliki tulang rangka yang miring dengan bantalan lemak yang besar dan terdapat jaringan ikat pada bagian tumit kaki gajah.

Rangka miring pada kaki gajah ini memiliki artian bahwa gajah berjalan dengan cara berjinjit dengan mendistribusikan bobot tubuhnya yang besar secara merata ke bantalan lemak atau ke jaringan ikat yang ada di tumitnya. Struktur kaki gajah yang demikian membuatnya dapat melewati berbagai medan, baik itu tanah yang tak rata ataupun tanah berawa.

Kulit Keriput pada Gajah

Rata-rata kulit pada gajah adalah berwarna abu-abu dan tekturnya terlihat keriput. Kalau dibandingkan antara gajah Afrika dan Asia, maka kulit gajah Afrika lebih berkeriput dibandingkan dengan kulit gajah Asia.

Kulit keriput pada gajah ini bertujuan untuk menjaga tubuh gajah agar tetap dingin atau tidak merasakan terlalu panas. Ya, keriput ini mampu menangkap kelembaban udara sehingga bisa berfungsi dalam mendinginkan temperatur tubuh gajah. Tak hanya keriput, kulit gajah juga tebal. Ketebalan kulit pada gajah bisa mencapai 3,8 cm. Tebalnya kulit pada gajah ini dapat melindunginya dari suhu lingkungan yang dingin.

Rambut di Tubuh Gajah

Ciri-ciri gajah ternyata juga memiliki rambut di pada tubuhnya. Ya, rambut pada gajah ini memang jarang, tipis, dan tersebar tidak merata di tubuhnya. Hanya pada bagian-bagian tertentu saja rambut gajah terkonsentrasi. Misalnya pada bagian seputar mata, telinga, dagu, dan ekor. Hanya gajah dewasa saja yang memiliki rambut yang sedikit. Sedangkan gajah berusia muda memiliki lebih banyak rambut.