Sukses

Jenis-jenis Musik dan Pengertiannya, dari Klasik hingga Dangdut

Liputan6.com, Jakarta Mendengarkan musik pasti pernah dilakukan sebagian besar orang. Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah sebuah hiburan. Mendengarkan musik bisa dari berbagai media dan di berbagai tempat. Musik telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. 

Banyak jenis-jenis musik yang bisa dinikmati. Bahasa dan lirik lagu yang mengiringi musik juga berbeda-beda baik di Indonesia maupun di negara lain.

Lalu apa definisi musik? Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis musik yang terkadang kerap kamu dengarkan. Baik musik dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris mapun bahasa lainnya. Dilansir Liputan6.com, Minggu (16/3/2019) dari beberapa sumber, berikut jenis-jenis musik yang mungkin jadi favoritmu.

2 dari 6 halaman

Jenis-jenis musik: Musik klasik dan jazz.

1. Musik Klasik

Musik klasik merupakan jenis-jenis musik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Musik klasik telah ada sejak lama dengan susunan not dan nada yang indah serta tidak menciptakan rasa bosan bagi pendengarnya.

Kerap disebut sebagai musik sepanjang masa karena jenis musiknya masih relevan dan masih bisa dinikmati hingga kini. Walaupun perkembangan musik klasik sudah ada sejak tahun 1700-an.

Contoh musik klasik seperti musik karya Mozart yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 in C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi.

Maestro Beethoven juga memiliki karya musik klasik seperti Moonlight Sonata, Fur Elise, 6th Symphony dan sebagainya.

2. Musik Jazz

Musik jazz banyak berkembang di Amerika Serikat pada awal abad ke-20 yang memiliki dasar dari musik Afrika dan Eropa.

Musik jazz merupakan penggabungan dari blues, ragtime dan musik-musik Eropa, khususnya musik band. Sehingga musik jazz memiliki nada yang ringan dan memiliki kesan tenang.

Contoh musik jazz di Indonesia seperti Sedari Dulu milik Tompi, Sepatu dari Tulus, La Vie En Rose dari Louis Armstrong, Body and Soul dari Coleman Hawkins dan sebagainya.

 

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis musik: Musik country dan rock

3. Musik Country

Jenis-jenis musik selanjutnya yaitu musik country. Jenis musik ini memiliki nada yang ringan, ceria dan santai. Awalnya musik ini diciptakan untuk musik rakyat di Amerika Serikat tepatnya di wilayah pegunungan Appalachia.

Beberapa lagu yang masuk dalam jenis musik country yaitu Pain Killer dari Little Big Town, Roller Coaster dari Luke Bryan, Bento dari Iwan Fals, Bengawan Solo dari Tantowi Yahya dan masih banyak lagi lainnya.

4. Musik Rock

Jenis-jenis musik satu ini banyak sekali digemari orang dari berbagai negara di seluruh dunia. Musik rock memiliki irama dan nada yang khas dari gitar listrik yang bisa digunakan dari nada rendah hingga nada tinggi. tak hanya gitar listrik, musik rock juga diiringi dengan suara bass, drum dan instrument lainnya.

Musik rock berkembang ditahun 1950-an. Beberapa musik rock yang ada seperti lagu-lagu yang dibawakan oleh Gun N’ Roses, Queen, Nirvana, Meat Loaf dan masih banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis musik: Musik pop dan balada

5. Musik Pop

Jenis-jenis musik selanjutnya adalah musik pop yang memiliki nada dan lirik sederhana. Musik pop cenderung mudah dicerna dan mudah untuk dinyanyikan. Musik pop yang bisa diterima semua orang ini menjadikan musik pop adalah musik yang universal.

6. Musik Balada

Musik balada merupakan jenis musik yang mengalun dengan lambat yang sebagian besar memiliki tema tentang percintaan. Musik balada kerap menggunakan kata-kata puitis yang diiringi dengan alunan musik yang lambat.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis musik: musik blues dan reggae

7. Musik Blues

Salah satu jenis-jenis music yang banyak digemari masyarakat dunia adalah musik blues. Musik blues berawal dari orang-orang Afrika yang berada di Amerika. Blues awalnya berkembang sebagai musik puji-pujian bagi para budak Afrika di Amerika. Musik blues memiliki kesan yang sedih.

8. Music Reggae

Jenis musik ini diciptakan oleh orang Jamaika. Biasanya musik reggae berisi tentang pesan perdamaian, cinta persamaan derajat dan keseimbangan alam. Musik ini terdengar santai namun memiliki beat yang berdentum. Contoh penyanyi reggae adalah Bob Marley, Toots Hibbert dan Jimmy Cliff.

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis musik: Musik hip hop dan dangdut

9. Musik Hip Hop

Jenis-jenis musik selanjutnya adalah musik yang berkembang di wilayah timur Amerika yaitu musik hip hop. Musik hip hop biasanya didominasi dengan rap. Musik hip hop banyak dimintai oleh pecinta musik.

10. Musik Dangdut

Jenis musik asal Indonesia ini banyak berkembang diberbagai daerah di tanah air. Peminatnya pun tak sedikit. Musik dangdut sendiri memiliki nuansa India dan Melayu. Tak jarang jika musik dangdut bisa diiringi dengan alat musik tradisional yang tak hanya dengan alat musik modern saja.

Loading