Sukses

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel, Mudah dan Bisa Jadi Bisnis

 

Liputan6.com, Jakarta Kamu suka berkreasi membuat aneka karya. Kamu perlu mencoba membuat bunga dari kain flanel. Selain mudah membuatnya, bunga dari kain flanel juga bisa untuk memulai bisnis. 

Salah satunya ialah cara membuat bunga dari kain flanel. Memang untuk kursus cara membuat bunga pun bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, bahan untuk kursus cara membuat bunga pun beragam. Akan tetapi bahan untuk membuat keterampilan yang cukup sering digunakan ialah menggunakan kain flanel.

Kain flanel memang bahan mudah dibentuk sehingga untuk membuat prakarya pun cukup mudah. Banyak pula kreasi kerajinan yang bisa kamu buat dari kain flanel loh. 

Jika kamu sudah memahami cara membuat bunga dari kain flanel, kamu bisa juga loh untuk membuat buket bunga. Bisa untuk souvenir ataupun hadiah bagi teman yang telah wisuda. Cara membuat bunga dari kain flanel sendiri cukup mudah dilakukan. Asalkan alat dan bahan telah kamu sediakan terlebih dahulu.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum mengenai cara membuat bunga dari kain flanel dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019). Kamu pun bisa mempraktikkan di rumah loh.

2 dari 4 halaman

1. Cara membuat bunga Lily

Untuk cara membuat bunga lily dari kain flanel pun cukup mudah. Selain itu, alat dan bahan yang perlu kamu siapkan pun cukup sederhana. Kamu hanya memerlukan 2 kain flanel dengan warna berbeda, pensil, kawat, lem tembak dan juga catokan.

Langkah membuat bunga lily dari kain flanel.

- Cara membuat bunga lily dari kain flanel, yang pertama ialah bentuk pola pada kain flanel menggunakan pensil.

Pola yang perlu kamu buat ialah persegi panjang dan hati. Tinggi pada kedua pola tersebut usahakan sama ya, selain itu buat kedua pola tersebut di kain flanel yang berbeda.

- Gunting pola di kain flanel tersebut dengan rapi. Selanjutnya kamu bisa mengambil potongan pola yang berbentuk persegi panjang untuk ditempelkan pada kawat yang telah kamu sediakan.

- Gulung potongan pola kain flanel tersebut pada ujung kawat dan rekatkan dengan lem tembak. Hal ini dilakukan agar kain flanel tersebut tidak terjatuh dan merekat dengan baik.

- Taruh kawat yang telah di gullung tadi pada pola yang berbentuk hati. Namun kamu harus menaruhnya dengan posisi pola hati yang terbalik.

- Lipat lekukan pola hati tersebut agar membentuk mahkota bunga ke kawat. Setelah itu rekatkan menggunakan lem tembak pada kawat, sehingga lipatan mahkota bunga tidak terlepas.

- Pada bagian ujung flanel untuk mahkota bunga, kamu bisa menekuknya dan panaskan menggunakan catokan. Saat menggunakan catokan usahakan ujung mahkota tersebut membentuk lengkungan ke arah luar.

- Jadilah satu tangkai bunga lily dari kain flanel. Untuk membuatnya lebih menarik tentu saja kamu bisa membuat beberapa tangkai untuk di letakkan pada pot ataupun wadah.

3 dari 4 halaman

2. Cara membuat bunga bros dari kain flanel

Karya lain yang sering dibuat dari kain flanel ialah bros bunga. Alat dan bahan yang diperlukan pun tidak lah banyak. Kamu hanya memerlukan kain flanel, jarum dan benang, gunting, hiasan berupa kancing atau manik-manik, serta peniti bros dan lem tembak.

Cara membuat bunga bros:

- Buatlah pola bergerigi atau lengkungan kecil pada kain flanel dengan ketinggian kurang lebih 2 sampai 3 cm dan panjang kurang lebih 10 cm.

- Gunting kain flanel mengikuti pola yang tersedia. Kemudian kamu bisa menggunakan jahitan jelujur pada pola tersebut. Namun gunakan jahitan jelujur dengan jarak yang cukup renggang ya.

Setelah semua sisi memiliki jahitan, kamu bisa menariknya secara perlahan hingga pola kain flanel tersebut menbantuk kerutan seperti kelopak bunga. - Setelah itu, satukan kedua sisinya hingga menbentuk sebuah mahkota bunga, dan jahit pada bagian bawah bunga. Jahit dengan kencang agar lipatan-lipatan bunga tersebut tidak bergeser.

- Tempelkan hiasan pada bagian atas pusat lipatan. Hisan ini tentu saja selain untuk mempencantik, juga sebagai penutup pusat lipatan agar terlihat rapi.

- Untuk bagian akhir kamu bisa memasangkan peniti bros tepat di tengah jahitan lipatan. Kamu bisa menempelkannya menggunakan lem tembak agar peniti bros tersebut tidak mudah terlepas.

4 dari 4 halaman

3. Cara membuat bunga simpel untuk hiasan

Terkadang hiasan bunga dari kain flanel bisa kamu jadikan untuk mempercantik kotak tisu. Kamu pun bisa membuat bentuk bunga dengan mudah untuk dijadikan hiasan ataupun tempelan. Kamu hanya memerlukan kain flanel dan juga gunting serta lem tembak.

Cara membuat bunga simpel untuk hiasan.

- Buatlah pola pada kain flanel secara melingkar seperti cangkang siput. Kemudianb gunting mengikuti pola secara melingkar.

- Selanjutnya kamu hanya perlu menggulung kain flanel tersebut dari ujung hingga mambentuk kerucut. Kemudian pada bagian bawah gulungan tersebut kamu bisa menempelkan potongan kain berbentuk bulat dengan menggunakan lem tembak.

Tentu saja kain flanel yang telah digulung tersebut harus benar-benar terpasang dengan baik agar gulungan tersebut tidak terlepas.

- Kemudian kamu bisa menggunting kain flanel berwarna hijau untuk dijadikan sebagai daun bunga dan ditempelkan pada bagian bawah bunga tersebut.

- Untuk mempercantik bunga yang kamu buat, bisa juga menambahkan manik-manik pada bagian tengah.

- Jadilah bunga simpel yang bisa kamu tempelkan pada kotak tisu. Jika kamu ingin menggunakan sebagai bros, kamu hanya perlu manambahkan peniti bros pada bagian belakang.

Ngeri, Buaya Berkeliaran di Rumah Warga di Sentani
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Perpanjang Sim Online yang Mudah dan Efisien Tanpa Harus Antri, Cek di Sini
Artikel Selanjutnya
11 Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh, Baik Kesehatan Fisik Maupun Mental