Sukses

Cara Membuat Kerajinan dari Botol Bekas, Unik dan Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Kamu punya banyak botol bekas yang terpakai? Jangan terburu-buru untuk membuangnya ya. Karena kamu bisa memanfaatkan botol-botol bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan yang bermanfaat.

Menggunakan kembali barang bekas terutama botol plastik tentu saja bisa bantu mengurangi limbah plastik yang ada. Karena sampah berbahan dasar plastik ini termasuk dalam jenis sampah yang sulit untuk diuraikan. Penggunaan botol-botol plastik di Indonesia sendiri memang cukup banyak. Bahkan beberapa produk sabun menggunakan botol plastik sebagai wadah.

Jika kamu mengetahui cara membuat kerajinan dari botol bekas ini, maka kamu pun bisa membantu mengurangi sampah plastik. Selain itu, kamu pun bisa berkreasi dengan botol-botol plastik yang ada di rumah menjadi sebuah barang yang punya nilai manfaat.

Berkreasi dengan cara membuat kerajinan dari botol bekas ini pun cukup mudah untuk kamu lakukan. Terutama bila kamu ingin mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat. Dengan cara membuat kerajinan dari botol bekas, semakin hari pun semakin banyak manfaat yang bisa diambil.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat kerajinan dari botol bekas tenang saja tak perlu khawatir. Liputan6.com telah merangkum cara membuat kerajinan dari botol bekas melalui berbagai sumber, Selasa (12/3/2019) berikut ini.

2 dari 6 halaman

1. Pot bunga

Cara membuat kerajinan dari botol bekas salah satunya untuk membuat sebuah pot bunga. Kamu bisa memanfaatkan botol minuman bekas yang memiliki ukuran sedang maupun besar.

Menggunakan botol bekas sebagai pot bunga tentu saja sangat cocok untuk kamu yang menyukai tanaman serta senang berinovasi. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli pot bunga, kamu pun bisa mengurangi limbah botol plastik yang ada di rumah.

Cara membuat kerajinan dari botol bekas untuk membuat pot bunga pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memotong botol plastik tersebut menjadi dua atau pun tiga bagian. Kamu bisa menggunakan bagian atas yang memiliki tutup dan juga bagian bawahnya.

Kemudian beri lubang pada tutup botol dan bagian bawah botol ya. Hal ini dilakukan agar air bisa mengalir dan tidak mengendap di botol. Karena jika air yang mengendap pada botol, bisa jadi tanaman yang kamu tanam di botol menjadi mati.

3 dari 6 halaman

2. Rak buku

Kamu memiliki banyak koleksi majalah, komik dan juga novel tapi tak memiliki rak buku? Jangan khawatir, karena kamu bisa membuat rak buku dari botol bekas. Tentu saja botol yang kamu gunakan bukan botol minuman ya. Melainkan dari botol jerigen bekas bisa minyak ataupun lainnya. Cara membuat kerajinan dari botol bekas untuk rak buku pun sangat sederhana.

Kamu hanya perlu memotong dan juga membuang pada bagian tutup botol dan juga pegangannya. Namun agar membuatnya terlihat lebih rapi, kamu perlu menggambar polanya terlebih dahulu.

Jika kamu sudah memotongnya maka botol jerigen yang tidak terpakai itu akan nampak seperti rak buku ataupun sekat buku. Tentu saja jika menggunakan rak buku dari botol bekas ini membuat meja kamu menjadi lebih rapi.

4 dari 6 halaman

3. Dompet koin

Memiliki banyak botol bekas minuman jangan langsung kamu buang begitu saja ya. Karena kamu bisa membuat sebuah dompet untuk uang koin dari botol bekas ini. Yang diperlukan untuk membuat dompet koin ialah 2 botol bekas yang sudah diambil bagian bawahnya dengan ukuran sama, resleting serta jarum dan benang.

Jika kamu telah memiliki bagian bawah botol bekas dengan ukuran sama kamu hanya perlu menambahkan resleting pada kedua botol tersebut. Untuk menggabungkannya kamu hanya perlu menjahit resleting tersebut agar kedua botol tersebut bisa menyatu. Setelah selesai, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan uang koin yang kamu miliki.

 

5 dari 6 halaman

4. Celengan

Jika kamu ingin belajar menabung tentu saja kamu membutuhkan sebuah celengan. Kamu pun bisa membuat celengan dengan memanfaatkan botol bekas. Membuat sebuah celengan dari botol bekas pun sangat sederhana. Kamu hanya memerlukan botol bekas minuman kemasan yang berukuran besar, spidol dan juga cutter.

Kamu hanya perlu membuat pola lubang celengan pada bagian samping menggunakan spidol. Usahakan agar lubang yang kamu buat tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil ya. Setelah itu potong pola lubang tersebut menggunakan cutter. Jadilah celengan dari botol bekas.

Bila kamu tak suka karena terlalu polos, kamu bisa menghiasnya dengan menambahkan kertas warna warni pada bagian botol loh. Selain itu, jangan lupa untuk merekatkan kembali tutup botol dengan selotip atau dengan lem tembak ya.

6 dari 6 halaman

5. Peredam suara

Siapa yang akan menyangka jika botol bekas bisa digunakan sebagai peredam suara. Yang perlu kamu lakukan ialah menyusul botol-botol bekas minuman kemasan hingga benar-benar rapat dan juga rapi pada seluruh dinding ruangan. Agar tidak membosankan, kamu bisa melukis dan memberikan warna pada botol bekas tersebut.