Sukses

10 Kata-Kata Sabar Bijak yang Membuat Kamu Lebih Ikhlas Menjalani Hidup

Dengan kata-kata sabar yang bijak dapat memberikan energi positif.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengalami keadaan dengan beragam permasalahan dalam kehidupan? Bangun kesiangan, lupa membawa file penting ke kantor, belum menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan, belum lagi hubungan dengan orang-orang dekat berantakan.

Mungkin rasanya kepala seperti mau pecah karena banyaknya urusan dalam kehidupan sehari-hari yang harus kamu selesaikan. Sayangnya, tak sedikit orang menyerah akan sulitnya permalasahan yang dihadapi.

Nah, untuk kamu yang sedang dirundung masalah, percayalah bahwa setiap permasalahan dalam hidup pasti dapat terselesaikan. Cobalah untuk menghadapi permasalahan hidup dengan positif, jika memandang hidup dengan keluhan dan amarah pasti kehidupan akan menjadi beban yang berat.

Oleh sebab itu kadang seseorang membutuhkan kata-kata sabar bijak yang membuat sesorang lebih sabar dalam menghadapi setiap permasalahan. Dengan membaca kata-kata sabar bijak, semoga dapat memberikan energi positif untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Nah, berikut adalah beberapa kata-kata sabar bijak yang bisa kamu pahami maknanya. Berikut kata-kata sabar bijak yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata-kata sabar bijak

1. Orang yang kuat bukan mereka yang sellau menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh. - Kahlil Gibran

2. Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar. - Anonim

3. Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu. - Tere Liye

4. Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika diberikan suatu cobaan yang disebut ujian dari Tuhan. - Anonim

5. Dengan kesabaran kita memperoleh hasil lebih dari kekuatan kita. - Anonim

6. Saat kau membalas kebencian dengan amarah dan caci maki, saat itulah musumuhmu menang. Maka bersabarlah. - Andi F. Noya

7. Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci.- Imam Al Ghazali

8. Rahasia dari kesabaran adalah melakukan sesuatu dalam ketidakpastian namun penuh dengan harapan. - Anonim

9. Kesabraan bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang. - Anonim

10. Sabarlah, tidak semua hal bisa kamu selesaikan sendiri. Untuk hal-hal di luar jangkauanmu, kamu harus belajar sabar dan merelakannya. - Wuwun Wiati

Nah, di atas adalah kata-kata sabar bijak yang bisa membuat kamu lebih sabar dalam menghadapi segala ujian. Tetapi itu semua tidak akan bermakna jika kamu hanya membaca kata-kata sabar bijak namun tidak diimbangi dengan perbuatan, sama saja kamu sedang mencari jarum pada tumpukan jerami, perbuatan yang sia-sia.

3 dari 3 halaman

4 Cara untuk Tetap Bersabar

Semakin kita melatih diri kita untuk bersabar maka kita bisa jadi pribadi yang jauh lebih baik. Mungkin memang ada batasan untuk bersabar, tapi jika kita masih tetap berusaha untuk berpikir jernih dan mengontrol diri, kesabaran itu bisa jadi tanpa batasan.

Oleh karena itu berikut lima trik yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa terus bersabar.

1. Tarik napas dalam-dalam

Sebelum emosimu meledak, tarik napas dalam-dalam. Biarkan udara masuk ke dalam paru-paru dan seluruh tubuh kamu dengan menarik napas yang dalam. Lalu biarkan energi negatif keluar bersamaan dengan hembusan napas yang kamu keluarkan. Setelah menarik napas dalam-dalam kemungkinan perasaan kamu akan lebih tenang.

2. Bersyukur

Bersyukur memberi kita banyak manfaat, misalnya membuat kita jadi merasa lebih baik, mengurangi stres, dan membuat kita jadi orang yang lebih optimis. Dan menurut penelitian pada yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, bersyukur juga bisa membuat kita berlatih untuk jadi lebih sabar lagi.

Sebuah penelitian lain juga mengungkapkan bahwa bersyukur bisa membuat kita lebih mudah mengontrol diri kita. Selain itu berusaha lebih sabar dengan cara mengungkapkan rasa syukur bisa membantu kita untuk mengurangi kebiasaan buruk seperti belanja berlebihan dan merokok.

3. Cari tahu apa penyebabnya

Rob White seorang penulis dan Motivational Coach mengatakan bahwa pikiran kita ini selalu dipenuhi berbagai hal, dari satu pikiran ke pikiran lain, pekerjaan satu ke pekerjaan lain, rasa cemas yang satu dengan rasa cemas yang berikutnya.

Untuk bisa jadi lebih sabar lagi, kamu menuliskan apa yang membuat kamu merasa tidak sabaran. Cara ini bisa membantu pikiran kamu untuk mengurai masalah yang ada dan bisa jadi lebih sabar lagi.

4. Terima rasa tidak nyaman

Menunggu memang sesuatu yang menyebalkan dan tidak nyaman. Mengantri lama juga bisa membuat emosi meledak.

Jane Bolton, Psy.D., seorang terapis keluarga dan pernikahan mengungkapkan kita perlu merasa nyaman dengan ketidaknyamanan yang kita dapatkan. Tujuannya adalah untuk kita bisa lebih sabar lagi.

Jadi terima rasa tidak nyaman itu. Izinkan diri kamu untuk menerima ketidaknyamanan tersebut. Ini bisa jadi cara untuk berdamai dengan dirimu dan mulai bisa mengontrol diri untuk lebih baik lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.