Sukses

Bukan Penakut, Ternyata Begini Kepribadian Orang yang Takut Gelap

Takut gelap bukan berarti mereka orang yang penakut loh, begini kepribadian yang sesungguhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika masih kecil, sebagian besar dari kita tentu takut ketika berada di tempat gelap. Biasanya mereka akan merasa ketakutan dan panik ketika berada di kegelapan.

Sayangnya, kebiasaan tersebut kerap terbawa hingga dewasa bagi sebagian orang. Nyatanya peneliti mempercayai bahwa ketakutan terhadap gelap ini adalah respon alami genetik yang menghubungkan manusia untuk menghindari pemangsa di malam hari.

Namun, secara kognitif orang yang takut akan gelap secara terus-menerus tidaklah normal. Terlebih lagi untuk orang yang memiliki penglihatan normal sejak lahir.

Tak banyak yang menyadari bahwa rasa takut terhadap kegelapan bisa mengungkapkan kepribadian. Mungkin banyak yang salah kaprah dan mengira bahwa seseorang yang takut akan gelap adalah seseorang yang penakut. Padahal nyatanya tidak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kreatif

Orang yang takut akan gelap dikatakan memiliki nyctophobia. Namun bukan berarti mereka orang yang penakut, orang yang takut akan kegelapan memiliki kreativitas tinggi.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki imajinasi aktif lantaran otaknya bekerja sangat baik dan secara aktif membentuk banyak gambar di dalam pikirannya. Begitupun ketika sedang berada di kegelapan, mereka akan menggambarkannya dengan sesuatu yang menakutkan.

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.