Sukses

Apa Kata Netizen di Debat Kedua Capres Jokowi Vs Prabowo?

Berikut tanggapan netizen terhadap debat kedua capres antara Jokowi Vs Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres 2019 memasuki putaran kedua. Ada perbedaan yang cukup mencolok untuk debat yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019 ini.

Untuk debat putaran kedua ini, yang akan bertarung hanyalah capres dari kedua belah pihak yakni Jokowi dan Prabowo. Debat yang dipandu oleh Moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini akan membahas beberapa topik penting, yakni Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup.

Debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga selesai, serta terdiri dari enam segmen. Segmen pertama adalah segmen penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Selanjutnya segmen keempat merupakan debat ekploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis.

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran kedua ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Minggu (17/2/2019).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Visi dan Misi

Kedua paslon presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Adapun visi Prabowo yang mendapat kesempatan pertama untuk putaran kedua ini yakni menjanjikan bangsa Indonesia agar bisa berdiri di atas kaki sendiri. Prabowo mengatakan akan menyediakan pupuk, menurunkan harga listrik.

"Masalah terbesar kita adalah kekayaan tidak tinggal di antara kita," ujar Prabowo.

Sementara Jokowi mengatakan akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Jokowi juga mengucapkan terima kasihnya pada petani jagung yang telah melakukan lompatan besar produksi. Tak lupa, Jokowi menyinggung soal tidak adanya lagi bencana kebakaran hutan.

Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon presiden pada debat kedua tersebut.

"Smgt buat translator bahasa isyarat ❤️ #DebatPilpres2019," tutur @Mcnsterkisses.

"Kalau #DebatPilpres2019 lagi iklan, kedua paslon sama host nya pada ngapain yak? Main ludo kali ya hmm," cuit @JulianKersa_.

"Tommy Tjokro tampan sekali yatuhaannnn~ #DebatPilpres2019 #DebatSebel," cuit @kekemeidy.

"Yg paling gak asik dari #DebatPilpres2019 ini ya iklan.. Acara sebesar dan sepenting ini...masih aja dijejali iklan," cuit @Irv4nory.

"Kang, terima kasih atas tutorial menyanyikan Indonesia Raya bagi pria dengan pita suara Rock. @armandmaulana #DebatPilpres2019," ujar @boom2s.

"ayo bijak melihat visi misi capres. saling menghargai, apapun pilihannya, kita dukung secara fair #DebatPilpres2019," cuit @martajatmika.

"Got duku for sustenance, and my bahasa indonesia dictionary ready for when my limited language knowledge fails me! Ready for #DebatPilpres2019 #Debatke2," ujar @cam_theron.

"Tak ada tipi pun tak apa,demi #DebatPilpres2019," tukas @DeasyCii.

"Akhirnya ada capres yg nyebut komitmen pengurangan sampah plastik.. #Debatpilpres2019," cuit @pijareligia.

"Entah kenapa ku lebih tertarik mantengin komenan netizen daripada nonton debatnya langsung 😂 #DebatPilpres2019," cuit @xingri1001

3 dari 7 halaman

Segmen Kedua

Pada segmen kedua, kedua capres menjawab pertanyaan dari panelis. Capres Jokowi mendapat kesempatan pertama diikuti Prabowo. Berikut respons netizen.

"Kami mau Ira Koesno!!! #DebatPilpres2019," cuit @ateqahmad.

"enaknya sih kalo debat gausah dipakein waktu, biar jelasin nya selesai dan gak ngegantung #debatpilpres2019," cuit @gianmegantara.

"Menarik mengamati retorika dan pilihan diksi kedua belah pihak dalam #DebatPilpres2019 kedua ini," tutur @lalusastra.

"Nonton debat capres itu lebih cenatcenut ketimbang nontonin doi yg ketauan selingkuh😣 #DebatPilpres2019," cuit @firdausha2.

"Serangan pertama prabowo mudah dipatahkan, tim kurang mempersiapkan data empirik. #DebatPilpres2019," cuit @justredy.

"21.51 seperti biasa pak @jokowi hadir dengan narasi optimis tapi tetap anti kritik, tidak mengakui kekurangan, pak @prabowo pandai mengkritik tapi tanpa solusi konkrit #DebatPilpres2019 membosankan," ungkap @rsetyawan_.

"tuhkaan bener #DebatPilpres2019 cuma jadi konten buat twitter dari masing-masing kita...mending ngopi yuuuk," cuit @diikalesmana.

"Prabowo: I am not pessimistic but super optimistic, that palm oil can be helpful. But also need to take care of people. Need to make sure people benefit from their products and hard work. Palm oil also good for source of energy sufficiency. #DebatPilpres2019," cuit @YohanesSulaiman.

"Nonton #DebatPilpres2019

20% dengerin capres ngomong. 80% dengerin "harap tenaang harap tenaaaang," cuit @audipras.

"Mohon Tenang ! Mohon Tenang !...Ih aku cium gera. Gemesss," cuit @Farhanmasykur.

 

4 dari 7 halaman

Segmen Ketiga

Untuk segmen ketiga, masih merupakan tanya-jawab antara kedua capres dengan paduan pertanyaan dari tim panelis dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup. Berikut respons netizen.

"Prabowo playing good , but jokowi still got lot of data and material facts #DebatPilpres2019," cuit akun @dumsurfer13. 

"Masyarakat yang terlibat dalam edukasi dan sosialisasi restorasi gambut #DebatPintarJokowi #lebihbaikjokowi #DebatPilpres2019," cuit akun @AnjasOktami. 

"Leaders talk about how to solve problems. Boss are talk about problems and finding scapegoat. #DebatPilpres2019," cuit akun @kharisaurus. 

"In other words, Prabowo: what we can do .. Jokowi: what has been done . Very interesting indeed. #DebatPilpres2019," cuit akun @Aryef_abe. 

"pak prabowo, you have to believe first therefore it can happen.if you, yourself dont believe that this country can improve and move forward, how do you think you can build his country for the better in the future with this mindset? #DebatPilpres2019," cuit akun @vicdaily3.

 "I WILL vs BEEN THERE DONE THAT! Yaaaa, yaaa gimana ~ #DebatPilpres2019," cuit @idanaher.

"Mr Jokowi look great tonight, his arguments is very to the point and real #DebatPilpres2019," cuit @Galihrestu7.

"Pembawaan @jokowi pada debat ini santai dan tenang namun tetap dengan jawaban2 yang luar biasa disertai dengan bukti kerja nyata #DebatPintarJokowi #LebihBaikJokowi #DebatPilpres2019," cuit akun @jsslmss. 

"i like to hope that us Indonesians will be objective and actually listen to both candidates first but the reality here is kalo udah benci mah benci aja #debatpilpres2019," cuit akun @glorychrstablla. 

"Data pemilik lahan diungkap. Skatmat! #DebatPilpres2019," cuit akun @ndorokakung. 

"pa prabowo giveaway tanah dong #DebatPilpres2019," cuit akun @awafaris. 

"How the #DebatPilpres2019 is going so far: 02: I will do this thing. That's my commitment. 01: Sorry, I've done that thing. ... and repeat," cuit akun @daryuschandra. 

"What did just happen in #DebatPilpres2019? 😱 02: Citizen must not own land. Land should be owned by the government. 01: Dude, but you own a lot of massive lands," cuit akun @daryuschandra. 

"01 - data and data, oh don't forget what we've done for people. 02 - i'll do these and that, you do wrong, not good! 01 - sorry we done these and that #DebatPilpres2019," cuit akun @sekejaplupa.

 

5 dari 7 halaman

Segmen Keempat

Selanjutnya segmen keempat merupakan debat eksploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis. Berikut respons netizen.

"I can't skip tonight's debate. I am waiting for some memes, facts cross-check. And of course some laughs. Good luck you both. #DebatPilpres2019," cuit @mayrenGRS.

"Here we come, bring some meal guys and don't forget to vote 17 april 2019.#DebatPilpres2019," cuit @kematwit.

"2: Saya rasa cukup ya, ga usah di adu 1: Saya setuju saja. Aku: setujuin aja ya pak, dr pada panjang urusannya. #DebatPilpres2019," cuit @Amburoku221092.

"Bener juga pak @prabowo ya kalo tidak ada perbedaan buat apa didebat. Makanya capres dua2nya bingung mau jawab apa, wong sependapat😅😅 #Debatpilpres2019," cuit theoclinton.

"Netijen2 twitter sukses bikin ngakak nih bahas #DebatPilpres2019 WKWK," cuit @kidhungp.

"cuma di era pak jokowi pembangunan dikalimantan, jawa , papua dan sumatra terus berjalan tanpa mangkrak #DebatPilpres2019," cuit @HayaNaon.

"semoga yang menjanjikan bisa membuktikan yang nyata bukan omong kosong yang di lemparkan tapi bukti nyata yang di lemparkan kepada kami :) :') siapapun yang menjadi presiden nanti semoga bisa memegang janji yang realita:') #DebatPilpres2019 #buktinyatabukanomongkosongsaja ," cuit @TaofikH75828710.

"Siapun presidennya nanti ,tetep aja lu fall in love with people you cant have:) #DebatPilpres2019," cuit akun @aguskrsb. 

"Yg debat siapa, yg panas siapa.. Jgn sampai terpecah belah wahai rakyat indonesia, bersatu padu demi mencapai kesejahteraan bersama #DebatPilpres2019," cuit akun @Iq_balTawakal.

"#DebatPilpres2019 Untuk sampai saat ini, ku rasa ini debat paling luar biasa, gak pada adu urat sama otot aja," cuit akun @PenghuniSurga__.

"Sudahlah jangan berdebat, kita silaturahim saja #DebatPilpres2019," cuit akun @anrifslem.

"Energi Optimisme jelas terlihat pada satu pribadi yang menguasai realita dan terus menunjukkan Demonstrasi Pembangunan Bangsa. God bless you Pak. #DebatPilpres2019," cuit @Hs_Lia. 

 

6 dari 7 halaman

Segmen Kelima

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Berikut respons netizen.

"Bagiku era ini adalah era kemajuan. soalnya pemerintahan yang sekarang membangun tanpa melupakan pelosok wilayah #DebatPilpres2019," cuit akun @dewisan31097640.

"Ini debat atau penjabaran masing2? #DebatPilpres2019," cuit @Wijiww.

"This is more interesting than before #DebatPilpres2019," cuit @Octaniaayu30.

"yang ditanya impor gula paaaak!! kok yg di jawab malah jagung & beras??!!! #DebatPilpres2019 #DebatKeduaPilpres2019," cuit @cozisee.

"Seru ya mantengin orang debat. Jadi keliatan kan tuh mana yg pantes mana yg nggak buat jadi presiden wkwkwk #DebatPilpres2019," cuit @luthfihidayy.

"Seperti diskusi tak menggambarkan debat seperti yang saya pikir. #DebatPilpres2019," cuit @gustian_nh. 

"waktu yang bisa menjawab. 01 atau 02 tetap indonesia. menjadi masyarakat yang pintar lebih penting. #debatpilpres2019," cuit @nauvaliyanto.

"Maksud bapak? Unicorn? Eumm #DebatPilpres2019," cuit @shintantl1.

"Musyawarah Memang Baik, tapi ini saatnya Berdebat~ #Debatpilpres2019," cuit @Khakimrohman2.

"Infastruktur menjadi senjata paling tajam #DebatPilpres2019," cuit @bangojiiii.

"~Cukup jelas pak~ Quote pada malam kali ini...#debatpilpres2019," cuit @s_tiok2.

"Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk mendukung unicorn kita? Apakah yang bapak maksud dengan unicorn? Yang online-online itu ya? #DebatPilpres2019," cuit @ndorokakung.

"Maksud bapak? Unicorn? Eumm #DebatPilpres2019," cuit @shintantl1.

"waktu yang bisa menjawab. 01 atau 02 tetap indonesia. menjadi masyarakat yang pintar lebih penting. #debatpilpres2019," cuit @nauvaliyanto.

"Siapapun Presiden nya nanti, kalau kamu kerjaannya cuma males-males an, gabakal ada perubahan. #DebatPilpres2019," cuit @JapintoAlbert.

7 dari 7 halaman

Segmen Keenam

Segmen keenam merupakan segmen terakhir. Tiap kandidat capres menyampaikan pernyataan penutup mereka. Berikut respons netizen.

"Liat #DebatPilpres2019 jadi gemes. Gemes sama mba Anisha," tukas @FDPamungkas14.

"prabs : uncorn itu yang onlen onlen itu?? me: itu loh pak Es Grim yang warna warni #DebatSebel #DebatPilpres2019," cuit @DheanAlvian.

"#DebatPilpres2019 joss @KPU_IDdebat kedua ini seru!berasa debatnya, argumen2 masing-masing calon juga lumayan, segmen eksplorasi berasa mantap, gaperlu panas2 yg penting enak disimak," ujar @eljoker_97.

"Knpa #DebatPilpres2019 dibwat ribet si? maslah SDA, SDM, sma Infrastruktur kan solusinya itu cuma 1, Yaitu Unicorn:- Unicorn ga pake bahan bakar- Unicorn ga perlu jalan layang soalnya bisa trbang - Unicorn ga mencemarkan udara sma ga menghasilkan limbah- Smua bsa naik unicorn," cuit @agungswandaru_.

"Tujuan nonton debat biar ngerti meme-meme yg bakal muncul di twitter #DebatPilpres2019," cuit @dmrsya.

"Yang onlen onlen itu?"Percuma onlen tapi gak di balas chat kamu:')#DebatPilpres2019," cuit @MmaksumS.

"Ledakan Petasan gak akan menganti presiden," tukas @RivaiNaufal.

"Bapak Jokowi sudah memberikan data capaian kinerja selama ini serta strategi kedepan untuk bangsa ini. Tetap tetap digaris bawahi banyak evaluasi kinerja dan inovasi yang belum terlaksana. Semoga tetap konsisten jika diberi amanah kembali," cuit @ramadhannDP.

"Siapa tau yg tadinya gamau tau soal pemilu, setelah baca pandangan ide dari capres tsb bisa jadi "wah boleh juga nih"," cuit @ozzagp.

"jdi yang online online itu apa? a. unicorn b. lagu saykoji c. chat gebetan ada gambar ijo tapi ga dibalas," cuit @WisnuHaidir.

"Selamat, #DebatKeduaPilpres2019 berjalan lebih seru dari debat sebelumnya. Saran, segmen eksplotatif baiknya diperpanjang dan dilengkapi sesi tanya jawab kedua paslon. Saran kedua, adanya penajaman atas tanggapan dan jawaban kedua paslon. Terima kasih. #DebatPilpres2019," ungkap @SenyumDunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini