Sukses

Seharga Rp 14 Juta, Ini 9 Fakta Durian J-Queen Tasikmalaya yang Viral

Durian tersebut hanya berbuah tiga tahun sekali.

Liputan6.com, Jakarta Durian memang menjadi salah satu varian buah favorit di Indonesia. Namun, buah dengan aroma menyengat ini juga punya banyak yang tidak menyukainya. Bahkan, durian dilarang keras untuk dibawa naik kendaraan umum.

Meskipun sering dipandang sebelah mata, namun tetap tidak menyurutkan eksistensi durian yang memiliki ciri khas tersendiri bagi penggemarnya itu.

Jika biasanya harga durian dipatok angka kisaran Rp 30.000 hingga Rp 200.000, lain halnya dengan durian yang dijual di Plaza Asia kota Tasikmalaya.

Durian yang diberi nama J-Queen itu dibanderol setara 1 unit sepeda motor, yaitu Rp 14 juta per butirnya. Dengan harganya yang fantastis, banyak yang penasaran dengan buah yang viral di sosial media ini.

Untuk itu, berikut Minggu (27/1/2019) Liputan6.com ulas selengkapnya mengenai 9 fakta Durian J-Queen yang viral di Tasikmalaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya bisa dinikmati 3 tahun sekali

1. Hasil perkawinan durian unggul indonesia

Konon yang membuat durian J-Queen dijual dengan harga selangit adalah latar belakang masa lalunya yang melegenda. Durian seharga 1 unit sepeda motor ini adalah hasil perkawinan antara varian durian unggul yang ada di Indonesia.

2. Hanya ada 3 tahun sekali karena pohonnya cuma satu

Durian J-Queen ini rupanya hanya bisa dinikmati setiap 3 tahun sekali. Hal ini dikarenakan pohonnya yang hanya ada 1 di Indonesia. Andai saja bisa dibuat share in jar, pasti semua masyarakat Indonesia bisa mencicipi buah langka ini.

3. Rasa pahit dan manis yang seimbang

Jika belum sempat mencicipi, kamu bisa membayangkan deskripsi buah mahal satu ini. Katanya, durian J-Queen memendam rasa pahit dan manis yang seimbang seperti kombinasi mentega dan kacang. Bisa membayangkannya?

3 dari 4 halaman

Persilangan durian ini adalah hasil karya mahasiswa

4. Empunya adalah orang Tasikmalaya

Ternyata, Durian J-Queen ini ditemukan oleh seorang A-King alias Aka yang merupakan lulusan salah satu universitas di Yogyakarta. Meskipun kuliah di Yogyakarta, Aka adalah warga Tasikmalaya.

5. Hanya akan dijual 4 buah

Foto viral pajangan durian J-Queen dalam kotak kaca dihiasi kain merah bak mas kawin itu rupanya hanya akan dijual sebanyak 4 butir saja. Padahal, sudah 2 butir yang berhasil di jual di hari pertama. Jangan sampai kehabisan, ya!

6. Ditanam di Kendal, Jawa Tengah

Meskipun di jual di Plaza Asia Tasikmalaya, ternyata Durian J-Queen ditanam di Kendal, Jawa Tengah oleh Aka. Mungkin, faktor lain yang menjadi penyebab mahalnya buah dengan wangi yang tajam ini adalah biaya transportasi dari Kendal ke Tasikmalaya, ya.

4 dari 4 halaman

Dagingnya tebal karena bijinya kecil

7. Bentuknya bulat sempurna

Di media sosial, foto yang viral adalah foto 2 durian utuh yang di pajang di mall. Nah, setelah dibelah, durian J-Queen ini berisi 6 jalur buah di dalamnya yang memiliki bentuk tubuh bulat sempurna. Hal ini yang membedakan durian J-Queen dari varian durian pada umumnya yang berbentuk lonjong.

8. 95 persen tanpa biji

Selain rasanya yang maknyus, durian temuan Aka ini dagingnya sangat tebal dan dijamin bikin ingin makan lagi dan lagi. Bagaimana tidak, kata Hinhin sebagai Store Manager Plaza Asia kota Tasikmalaya, jika dihitung dengan matematika Durian J-Queen memiliki ciri khas daging sebesar 95 persen tanpa biji. Maka tak salah jika Aka menjualnya dengan harga selangit.

9. Sering menang kontes dan mengalahkan durian Musang King milik Malaysia

Prestasi Durian J-Queen juga berkontribusi menyokong harga jual di pasaran yang amat tinggi. Prestasi terakhir yang disabet durian mahal ini adalah memenangkan kontes durian sehingga berhasil mengalahkan durian Musang King andalan Malaysia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.