Sukses

Contoh Kata Pengantar Singkat, Perhatikan Saat Menulis Karya Tulis

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu sering menulis makalah atau tulisan ilmiah lainnya, maka kamu tidak asing lagi dengan kata pengantar. Pada sebuah karya tulis biasanya terdapat kata pengantar di awal tulisan. Kata pengantar berisi pengantar atau sambutan penulis terkiat tulisan yang dibuat

Dalam kata pengantar terdapat penyampaian rasa syukur penulis atas selesainya karya tulis tersebut. Selain itu kata pengantar juga merupakan tempat untuk menyampaikan terima kasih pada pihak-pihak yang terlibat pada proses penulisan.

Deskripsi singkat mengenai isi karya tulis juga di tuangkan pada kata pengantar. Pada akhir kata pengantar biasanya terdapat permohonan maaf atas kekurangan dan kesalahan dari penulisan karya tulis.

Bagi kamu yang sedang kebingungan menulis kata pengantar yang singkat kamu pasti membutuhkan Contoh kata pengantar singkat . Contoh kata pengantar singkat yang baik ditulis singkat dan tidak bertele-tele agar pembaca paham pesan yang disampaikan.

Contoh kata pengantar singkat yang baik adalah terdiri dari pembuka, isi dan penutup. Jika ketiga struktur penulisan ini kamu pahami, maka kamu dapat membuat kata pengantar yang singkat dan jelas.

Berikut langkah membuat Kata pengantar yang singkat dan benar beserta contoh yang liputan6 rangkum untuk kamu yang sedang menulis skripsi, tugas akhir, makalah atau karya tulis lainnya.

2 dari 5 halaman

Awali dengan paragraf Pembuka

Pembuka biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Pada paragraf pembuka ini berisi ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulis. Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu dalam proses penulisa karya tulis.

Urutan dari penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

3 dari 5 halaman

Berikan penjelasan Singkat mengenai karya tulis pada bagian Isi

Bagian isi merupakan penjelasan singkat mengenai karya tulismu. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis lalu alasan penulisan karya tulis setelah itu berisi penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari karya tulis tersebut.

Tuliskan secara singkat, padat, dan jelas mengenai deskripsi karya tulismu. Kamu tidak perlu memaparkan isi karya tulismu secara rinci dan detail. Cukup paparkan secara singkat mengenai garis besar dari karya tulismu. Dengan penjelasan singkat tersebut pembaca akan mendapatkan pandangan mengenai karya tulis yang kamu buat.

4 dari 5 halaman

Tulis Penutup dengan singkat

Bagian penutup berisi mengenai harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang dibuat. Pada bagian yang berisi harapan, kamu bisa menulis tentang pandanganmu kedepan mengenai manfaat dari karya tulis yang kamu buat.

Selain itu bagian penutup juga berisi permohoan maaf kepada pembaca jika pada nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis. Kesalahan-kesalahan tersebut mungkin dapat berupa kesalaha dalam penulisan gelar, istilah, maupun nama.

Pentingnya menuliskan permohonan maaf pada kata pengantar dikarenakan penulis tidak dapat bertemu langsung dengan pembacanya. Sehingga penulis cukup menuliskan permohonan maafnya melalui kata pengantar.

Setelah kamu mengetahui struktur utama dari penulisan kata pengantar. Kamu pasti sudah dapat membayangkan bagaimana menulis kata pengantar singkat dan benar. Agar lebih membuka pandangamu berikut merupakan contoh kata pengantar singkat untuk kamu, Contoh kata pengantar singkat dapat kamu gunakan untuk penulisan karya tulismu, kamu juga bisa mengembangkan lagi kalimat yang ada pada Contoh kata pengantar singkat tersebut.

5 dari 5 halaman

Contoh kata pengantar singkat karya tulis:

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan tugas penulisan karya tulis tentang “Dunia Parenting Anak”.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulisi selama proses penyelesaian karya tulis ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Septiani Dwi S.Psi., M.Si. selaku dosen pengampu psikologi dasar atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. dr. Aji Pratama selaku narasumber dari penulisan karya tulis penulis.

3. Kedua orang tua penulis atas segala dukungan yang diberikan4. Teman dan sahabat atas semangat yang telah diberikanAdapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Psikologi Anak.  Pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya pengaturan pola asuh pada anak.

Pola asuh yang baik akan membentuk kesehatan psikologis anak yang baik pula. Pada karya tulis ini penulis mencoba menjelaskan dampak psikologis yang didapatkan anak dari pola asuh orang tuanya.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 1 januari 2019

 

 

 

Penulis

 

 

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari