Sukses

4 Kiat Atasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum, Yuk Dicoba

Berikut cara paling ampuh untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara di depan umum bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Sebenarnya bukan masalah kegagalan yang ditakutkan. Tetapi biasanya karena alasan kurang percaya diri, terlalu gugup, kurangnya kemampuan, bahkan takut. Hal ini juga menjadi berbicara di depan umum merupakan sebuah momok yang menakutkan.

Berikut cara paling ampuh untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum dirangkum dari berbagai sumber:

1. Lakukan persiapan dengan baik

Seorang public speakers yang bagus saja akan melalui tahapan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang baik diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Dapat juga menggeser rasa takut yang ada pada diri kita.

2. Melakukan relaksasi

Ketika kita akan berbicara di depan umum, biasanya tubuh akan merasa gugup dan tegang. Rasa takut pada diri kita terkadang membuat tubuh menjadi kaku, berkeringat atau gemetar. Lakukanlah relaksasi agar tubuh menjadi lebih rileks, santai, dan tidak tegang.

Lakukan juga pengaturan pernafasaaan dengan baik, kemudian ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali saat akan tampil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lawan pikiran negatif ganti dengan pikiran positif

Ini merupakan salah satu penyebab kenapa orang takut berbicara di depan umum. Karena pikiran mereka sudah dikuasai oleh pikiran - pikiran yang negatif.

Pemikiran yang negatif itu seperti takut salah, takut dinilai buruk oleh audiens, takut tidak bisa membawakan materi dengan baik, atau lupa. Jika pemikiran seperti itu mulai timbul segera ganti dengan hal-hal yang positif. Diharapkan dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih tenang.

4. Lakukanlah dengan maksimal jangan lihat hasilnya

Cara lebih baik saat mengatasi takut adalah mengelola rasa takut itu sendiri. Selain itu kita harus melawan rasa takut itu dengan melakukan hal yang kita takutkan. Salah satunya jika kamu takut berbicara di depan umum, maka kamu harus melakukan hal tersebut agar menjadi berani.

(Nihlah Fauziyatul Wafa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.