Sukses

Upaya Save Street Child Mengembalikan Minat Belajar Anak Jalanan

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya sektor ekonomi, masalah kemiskinan nyatanya juga bisa berdampak pada berbagai hal. Begitu banyaknya keluarga kurang mampu di Indonesia menyebabkan anak-anak usia sekolah terpaksa harus mencari uang untuk membantu keluarga memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Hal itu tak jarang membuat anak-anak tersebut merasa mencari uang lebih penting daripada belajar. Sebuah organisasi sosial yang berfokus pada pendidikan anak-anak marjinal, Save Street Child, membuat ide cerdas untuk solusi masalah ini.

Mereka berupaya mengembalikan minat belajar anak-anak tersebut dengan membuat program edukasi yang menyenangkan bernama Clever Cash. Clever Cash merupakan sebuah proyek sosial menggunakan media berbentuk seperti uang kertas yang berisi pertanyaan edukatif dari berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, bahasa Inggris, geografi dan pelajaran lainnya.

Jawaban dari setiap pertanyaan tersebut dapat dengan mudah ditemukan dalam buku pelajaran atau dengan bantuan guru dan orang tua. Clever Cash yang sudah terisi jawaban yang benar nantinya dapat digunakan anak-anak untuk membeli makanan dan minuman di kantin sekolah.

2 dari 2 halaman

Proyek sosial yang bermanfaat

Setiap Clever Cash memiliki nilai masing-masing, dimulai dari Rp 2.000 hingga Rp 20.000. Save Street Child bersama relawan dan guru memulai proyek ini dengan mendatangi rumah keluarga kurang mampu yang memiliki anak dengan minat belajar rendah. Mereka lantas membagikan Clever Cash pada mereka.

“Clever Cash merupakan proyek sosial yang sangat bermanfaat, sebagai sarana edukasi dan juga pemberian makanan di waktu yang sama dengan harapan dapat membawa mereka kembali ke sekolah. Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada anak jalanan dan anak marjinal (kurang mampu), melalui program Clever Cash dari Save Street Child,” ujar Founder and General Coordinator Save Street Child, Dwi Prasetyo.

Untuk memperluas proyek ini, Save Street Child membuat sebuah website www.clevercash.id di mana perusahaan dan organisasi sosial lain dapat mengunduh Clever Cash serta ikut bergabung dalam proyek sosial ini. Nantinya perusahaan dan organisasi sosial yang sudah bergabung dapat menjalankan proyek ini secara mandiri. Hal ini tentunya bertujuan  agar Clever Cash bisa berkembang ke seluruh Indonesia dan membantu lebih banyak lagi anak-anak kurang mampu dalam hal pendidikan.