Sukses

Cara Mudah Singkirkan Kebiasaan Berpikir Negatif

Liputan6.com, Jakarta - Pikiran negatif pada umumnya adalah ide-ide yang muncul tiba-tiba dalam pikiran kita. Pikiran-pikiran ini sebagian besar adalah bayangan ketika kita merasa sedang dalam keadaan gelisah atau pikiran yang kosong. Selama waktu inilah, ada berbagai jenis pikiran yang masuk melalui pikiran kita.

Pikiran negatif ini cenderung akan menguras energi kita yang sebenarnya belum tentu juga akan terjadi kepada kita. Oleh karena itu, penting untuk kita belajar bagaimana kita dapat mengalihkan pikiran kita dari pikiran-pikiran negatif tersebut.

Coba untuk menjauhkan segala pikiran negatif dari otakmu. Biarkan pikiran-pikiran tersebut mengalir keluar. Pastikan kamu mendiskusikan masalah atau pemikiran tersebut dengan seseorang yang kamu percayai dan dekat denganmu.

Hanya berbagi masalah atau pikiran negatif tersebut akan membantu kamu melihat situasi dengan cara baru yang lebih baik.

2 dari 3 halaman

Jangan biarkan rasa takut terlalu mempengaruhimu

Orang pada umumnya sering merasa takut ketika pikiran negatif datang menghantui. Sebaliknya, kamu perlu mengatasi rasa takutmu daripada melarikan diri. Kamu harus menghadapi ketakutan dan pikiran negatif.

Mulailah untuk berpikir secara realistis dan analisis tentang apa yang akan menjadi risiko terburuknya. Kekhawatiran negatif yang telah menyeretmu ke bawah tampak seperti masalah kecil ketika kamu melakukan ini.

Kamu harus berhenti memikirkan pikiran negatif sepanjang waktu. Berpikir hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk. Umumnya, ketika kamu memikirkan suatu masalah, pikiranmu secara otomatis mulai menghasilkan pikiran jahat tentang seluruh situasi dan pada akhirnya kamu akan dihadapkan dengan pikiran-pikiran negatif.

Sebaliknya, kamu harus tetap positif dan tidak mengerahkan seluruh tenaga pada masalah tertentu karena itu tidak akan bertahan untuk selamanya.

3 dari 3 halaman

Berani melihat hal positif dalam setiap situasi buruk

Jika kamu gagal, maka ada kemungkinan pikiran negatif muncul di pikiranmu dan hal tersebut tentu akan mengancammu secara mental.

Untuk mengatasi pikiran-pikiran ini, mulailah memperhatikan apa yang baik tentang seluruh situasi tersbeut. Cobalah temukan sesuatu yang baik dalam setiap situasi, hal tersebut akan membantumu melupakan pikiran-pikiran negatif yang kamu hadapi.

Selamat mencoba ya.

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine