Sukses

Soal Matematika Anak SD di China Ini Jadi Viral, Kalian Bisa Jawab?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang banyak yang tak menyukai mata pelajaran matematika. Hal ini tentu lantaran matematika dianggap sangat sulit. Namun bukan berarti tak ada yang menyukainya sama sekali ya.

Tak jarang pula orang yang menyukai mata pelajaran satu ini. Nah, apakah kalian salah satunya? Jika kalian menyukai matematika karena merasa pejaran ini menantang kerja otak coba kalian pecahkan soal matematika untuk anak sekolah dasar di China ini.

Soal matematika anak SD China ini sedang menjadi viral di sosial media. Hal ini lantaran meski tampak sederhana, banyak orang yang gagal menjawabnya. Pada soal tersebut terdapat dua buah meja dengan objek berupa kucing dan kura-kura. Di meja pertama tampak kucing berdiri di atas dan kura-kura di bawahnya. Sebaliknya di meja kedua posisi kedua binatang itu bertukar tempat.

Total jarak antara kepala kucing dan kura-kura itu berbeda. Di meja pertama, jarak keduanya terpaut 170 cm sementara jika ditukar tempat, jaraknya hanya 130 cm. Dengan kedua gambar itu, siswa diminta menghitung tinggi mejanya saja. Bisakah kamu menjawab soal ini?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Jawabannya

Bagaimana, kalian bisa menemukan jawabannya? Mengutip situs mindyourdecisions.com, soal ini merupakan soal aljabar. Dari video penyelesaianya yang telah diunggah terlihat dimana Kucing + Meja + Kura-Kura = 170 dan Kura-kura + Meja + Kucing = 150.

Jadi jika keduanya di jumlahkan, atau logikanya kedua meja itu ditumpuk, maka kamu akan mendapatkan tinggi 300cm. Jadi tinggi meja tinggal kamu bagi dua, atau kamu turunkan satu meja, 300 ÷ 2. Maka kamu akan mendapatkan tinggi meja 150 cm.

Nah, siapa nih yang berhasil menjawab dengan tepat?

Reporter : Idho Rahaldi

Sumber: Dream.co.id

Artikel Selanjutnya
Istri Mantan Bos Interpol yang Ditahan China: Aku Tak Yakin Suamiku Masih Hidup...
Artikel Selanjutnya
Bikin Geger, Bocah Masuk Mesin X-ray Bandara di China