Sukses

Kalahkan Jerman, Singapura Jadi Negara Paling Kompetitif Kedua di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - World Economic Forum (WEF) telah merilis peringkat baru negara-negara di dunia yang paling kompetitif dan inovatif di bidang ekonomi. Singapura, berada di posisi kedua tepat di belakang Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan yang dirilis, Jerman menempati posisi ketiga. Sementara Swiss yang berada di peringkat pertama selama hampir satu dekade, turun ke peringkat keempat. Menurut Agence France-Presse, perubahan dalam metodologi untuk Laporan Daya Saing Global tahunan edisi 2018 dilaporkan mempengaruhi peringkat tersebut.

Metodologi baru digunakan untuk mencerminkan perubahan di dunia yang semakin dinamis karena teknologi digital baru. Dalam edisi tahun ini, yang disorot adalah bagaimana negara-negara di dunia mengaplikasikan 98 indikator yang diorganisasikan ke dalam 12 pilar, meliputi lembaga, infrastruktur, stabilitas ekonomi makro, dinamika bisnis, dan kemampuan inovasi.

Dari indikator tersebut, kemudian diukur dari skala 0-100. Amerika Serikat mendapat rata-rata 85,6 poin diikuti oleh Singapura (83,5) dan Jerman (82,8). Saadia Zahidi, anggota dewan pengelola WEF mengatakan peringkat AS naik karena mereka membangkitkan inovasi.

"Mereka bekerja dengan baik dalam hal pasar tenaga kerja, mereka melakukannya dengan baik dalam hal ukuran pasar, mereka cukup baik dalam hal institusi," tambahnya.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Thierry Gieger, kepala analitik dan penelitian kuantitatif di WEF memaparkan bahwa sebagian besar data yang digunakan dalam lapporan itu berasal dari sebelum Trump berkuasa tahun lalu.

"Hal-hal yang kami tangkap adalah bagaimana jangka panjangnya," kata dia.

Zahdi mencatat bahwa daya saing AS hanya tercoreng oleh skor rendah negara dalam hal partisipasi perempuan dalam angkatan kerja di mana AS menduduki peringkat 37, serta tempat ke-40 dalam hal kebebasan pers.

Sementara itu, kekuatan Singapura berada di bidang infrastruktur dan pasar produk. Selain itu, Singapura berbagi tempat teratas dalam memiliki perawatan kesehatan terbaik layaknya Spanyol, Jepang, dan Hong Kong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.