Sukses

Dibiarkan Selama 47 Tahun, Pria Ini Punya Tumor Seberat 15 Kg di Leher

Terhalang biaya medis, seorang pria di Tiongkok memiliki sebuah tumor besar berukuran tiga kali lebih besar dari kepalanya di belakang leher.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria asal Tiongkok, mempunyai tumor seberat 15 kilogram selama 50 tahun hidupnya. Zhao Xingfu (64) asal Kota Panzhou, Provinsi Guizhou, mengatakan bahwa tumor sebesar tiga kali ukuran kepalanya itu sudah tumbuh sejak usianya 17 tahun.

Munculnya tumor dalam tubuh Xingfu tidak pernah diobati karena masalah biaya. Akibatnya, lipoma yang tumbuh di belakang lehernya lama-kelamaan tumbuh semakin besar.

Akan tetapi, setelah putranya menggalang donasi untuk mengangkat tumor ayahnya, kini Xingfu bisa hidup lebih baik. Dengan bantuan dari Dokter Dong Shixiang, dari rumah sakit tumor Guizhou, pria 54 tahun itu mendapat penanganan yang cepat dari dokter.

"Dalam seumur hidupku, aku tak pernah melihat tumor sebesar ini," kata Dokter Dong, dilansir dari Metro, Minggu (3/8/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh waktu 10 jam untuk angkat tumor

Tak butuh waktu lama bagi dokter untuk melakukan operasi pengangkatan tumor Xingfu. Operasi itu telah dilakukan pada Minggu lalu dan berlangsung selama 10 jam. Mereka berhasil mengangkat hampir 95 persen tumor Xiangfu.

Tentunya perubahan ini disambut baik oleh keluarga, putra Xingfu, Zhao Jianjiang dibuat kaget karena ia belum pernah melihat ayahnya tanpa tumor di belakang lehernya.

"Saya hanya mengenal ayah saya dengan tumor besar, jadi saya secara bertahap menjadi terbiasa," kata Jianjiang.

Kini Xingfu dapat menikmati sisa hidupnya dengan terbebas dari beban berat di lehernya. Tumor mengganggu itu telah diangkat dan dapat membuat hidup pria tersebut menjadi lebih ringan.

Meski sudah bertahan dan terbiasa dengan tumor itu, Xingfu kini mendapat kehidupan baru dan telah dipulangkan dari rumah sakit. Di rumah ia akan melanjutkan pemulian pascaoperasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.