Sukses

Genderuwo hingga Pocong, Begini Asal 5 Hantu Mengerikan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kisah mistis yang berhubungan dengan makhluk astral yang biasa disebut hantu. Hantu biasanya digambarkan dengan sosok menyeramkan yang gentayangan untuk mengganggu hidup manusia.

Ternyata, setiap hantu yang populer di Indonesia seperti Genderuwo, Pocong, dan Kuntilanak memiliki asal usul mengerikan yang dipercayai sebagian besar masyarakat Indonesia.

1. Kuntilanak

Kuntilanak digambarkan sebagai sosok yang memiliki wujud seorang perempuan bergaun putih yang suka mengganggu anak kecil hingga wanita yang sedang hamil ataupun yang baru melahirkan. Konon katanya, hal ini dikarenakan kuntilanak meninggal saat melahirkan, sehingga kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang mencari-cari anaknya.

2 dari 3 halaman

2. Pocong

Hantu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat, bahkan banyak yang mengatakan pocong merupakan hantu yang paling menakutkan. Hantu Pocong selalu dikaitkan dengan orang meninggal yang tali pocongnya belum sempat dilepas. Biasanya hantu ini sangat sering dijumpai di kuburan dan pohon pisang yang rimbun.

3. Kuyang

Menurut legenda, Kuyang merupakan hantu wanita peminum darah yang berwujud kepala dan beberapa organ tubuh yang menggantung dan bisa membuat siapa saja yang melihatnya ketakutan. Konon katanya, kuyang hanya tertarik meminum darah wanita yang habis melahirkan dan juga bayi yang masih dalam kandungan atau yang baru lahir. Ini bertujuan untuk membuat kuyang menjadi cantik dan kembali menjadi manusia seutuhnya.

3 dari 3 halaman

4. Genderuwo

Genderuwo merupakan sosok hantu yang digambarkan memiliki wujud badan yang besar, berbulu, dan menyeramkan. Genderuwo memiliki istilah asli yang berasal dari bahasa Kawi, yaitu gandarwa. Dipercaya, tempat tinggal kesukaan hantu ini adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh, atau sudut-sudut yang lembab, sepi, dan gelap. Genderuwo dipercaya sebagai arwah gentayangan dari seseorang yang meninggal secara tidak wajar, dan tidak di makamkan secara layak.

5. Hantu Jeruk Purut

Konon katanya, pada tahun 1986 ada seorang penjaga makam TPU jeruk purut yang melihat seorang Pastur yang berjalan tanpa kepala dan diikuti oleh seekor anjing. Masyarakat percaya, jika seseorang ingin menemui Pastur legendaris ini, maka orang itu harus datang tepat pada waktu tengah malam Jumat dengan jumlah ganjil. Tertarik mencoba?

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ingin Tanaman Tumbuh Subur? Coba Metode Tanam Telur
Artikel Selanjutnya
Petani India Gunakan Minuman Soda untuk Basmi Hama, Efektif?