Sukses

Seram, 5 Peristiwa Memilukan Ini Terjadi pada Jumat Tanggal 13

Black friday atau disebut Jumat 13 sering disebut sebagai hari mengerikan dan membawa kesialan. Apakah benar begitu?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang di negara Barat, hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 sering dikaitkan sebagai hari yang menyeramkan. Friday 13th atau Jumat 13 dikenal sebagai hari yang membawa kesialan. Tanggal itu pernah dipercayai banyak orang serta sejarawan sebagai tanda bahwa hal-hal buruk akan terjadi.

Takhayul hari Jumat tanggal 13, juga mendorong dampak negatif serta fobia yang dinamakan Paraskevidekatriaphobia. Meski sering dianggap hanya dongeng belaka, ternyata sempat ada lima hal mengerikan di hari Jumat tanggal 13.

Dilansir dari Mirror, berikut lima hal seram yang pernah terjadi pada Jumat tanggal 13, entah karena kebetulan atau memang tanggal tersebut membawa petaka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kecelakaan pesawat dan kanibalisme penumpang

Pada Jumat, 13 Oktober 1972 sebuah pesawat dar Moskow jatuh dan menewaskan 174 penumpang di dalamnya. Pada hari yang bersamaan pesawat yang membawa pemain rugby dari Uruguay juga mengalami kecelakaan di pegunungan bersalju Chile.

Dari 45 penumpang, hanya 27 yang berhasil selamat. Namun, karena tim evakuasi tak kunjung datang, mereka harus bertahan hidup dalam cuaca ekstrem dengan memakan daging rekan mereka yang tewas.

Para korban selamat ternyata juga bertaruh hidup dengan longsoran salju. Hingga akhirnya hanya tersisa 16 korban selamat. Namun, sebelum ditemukan tim evakuasi, korban yang tersisa tidak bisa bertahan hidup lebih lama sampai akhirnya tidak ada korban selamat dari insiden nahas tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Kebakaran hebat pada 1939

Kebakaran semak terburuk di dunia pernah terjadi di Victoria, Australia pada Jumat, 13 Januari 1939. Hampir 20 kilometer lahan dan semak berubah menjadi abu, serta api menjalar sampai menghanguskan 1.300 rumah warga.

Korban meninggal akibat kebakaran hebat ini mencapai 71 orang disusul dengan hancurnya beberapa kota. Sejak kejadian memilukan tersebut, kebakaran tersebut sering disebut sebagai semak black Friday.

4 dari 7 halaman

3. Kematian tragis Kitty Genovese

Insiden pembunuhan Kitty Genovese juga memicu rasa pilu banyak orang. Pasalnya, wanita 28 tahun itu diperkosa secara brutal dan dibunuh pada sebuah apartemen di New York, pada Jumat, 13 Maret 1964. 

Hal yang paling menyedihkan, ada 30 orang yang menyaksikan kejahatan tersebut. Namun tak ada yang berani bertindak atau menolong wanita malang tersebut dengan mengintervensi pembunuhnya atau memanggil polisi.

5 dari 7 halaman

4. Angin topan di Bangladesh

Pada Jumat, 13 November 1970, Bangladesh diterjang angin topan dan gelombang pasang yang mengakibatkan 500 ribu penduduk tewas. Bencana alam tersebut cukup memperihatinkan dan membuat masyarakat yang selamat menderita kerugian hebat.

Hewan ternak disapu habis dan tanaman mengalami gagal panen. Dampaknya penduduk Bangladesh mengalami kelaparan massal hingga waktu yang lama.

6 dari 7 halaman

5. Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam

Sebuah kapal pesiar Costa Concordia terbalik dan karam setelah menabrak karang pada pantai Tuscan, Isola del Giglio. Kejadian mengerikan ini bertepatan pada Jumat, 13 Januari 2012. Upaya penyelamatan pada kapal ini diperkirakan mencapai 1,4 miliar euro. 

7 dari 7 halaman

6. Kematian tragis Daz Baxter

Seorang warga New York bernama Daz Baxter merupakan orang yang percaya dengan takhayul mengerikan Jumat 13. Rasa takut pria itu pada Jumat 13 membuat Baxter memilih mencari aman dengan tetap tinggal di tempat tidurnya.

Pria itu merasa bahwa tempat tidur merupakan tempat teraman bagi nyawanya. Namun nasib nahas justru menimpanya. Niat untuk menjauhi kesialan di hari tersebut, Baxter justru tewas karena lantai blok apartemennya mengalami runtuh. Kejadian menyeramkan itu terjadi pada Jumat, 13 Agustus 1979.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.