Sukses

Mengenal Baden Powell, Sosok Bapak Pramuka Sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kalian tentu tak asing mendengar nama Robert Baden Powell, terlebih bagi kalian yang aktif di berbagai kegiatan Pramuka.

Baden Powell adalah Bapak Pramuka Sedunia yang juga berperan sebagai seorang letnan satu umum tentara Inggris. Baden Powell lahir di London, Inggris pada 22 Februari 1857 silam.

Dikutip dari Bintang.com, Baden Powell telah menggeluti kariernya sebagai tentara militer Inggris selama puluhan tahun. Dirinya juga pernah menjadi pemimpin di usia muda, yaitu ketika dirinya berusia 26 tahun dan menduduki posisi dua teratas saat ujian tentara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Kariernya

Sepanjang karier militernya, Baden Powell ternyata pernah bekerja sebagai mata-mata. Hal ini membuatnya pergi ke Jerman, Austria, dan Rusia untuk belajar tentang kemajuan teknologi dan militer terbaru.

Ternyata, bukan hal yang mudah mendirikan gerakan Pramuka di tengah kesibukan Baden Powell di militer. Pada tahun 19100, Baden Powell akhirnya memutuskan untuk mundur dari Angkatan Darat dan menjadi ketua Komite Pelaksana Gerakan Pemanduan.

Baden Powell melakukan perjalanan secara ekstensif untuk mempromosikan kepramukaan, termasuk perjalanan ke Amerika Selatan, Rusia, Kanada, dan Hindia Barat. Tak hanya aktif di lapangan, ternyata Baden Powell juga merupakan seorang penulis.

Melalui bukunya yang berjudul Scouting for Boys yang diterbitkan pada tahun 1908, ia mengajarkan banyak hal tentang gerakan kepanduan, yang kini telah diikuti dan diterapkan banyak orang diseluruh dunia.

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email: Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.