Sukses

Pantai di Banyuwangi Raih Penghargaan Terbersih se-ASEAN

Pantai Grand Watu Dodol berhasil menyabet juara kawasan bersih tingkat ASEAN.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pantai Grand Watu Dodol berhasil menyabet juara kawasan bersih tingkat ASEAN. Wisata Banyuwangi ini berada di Dusun Paras Putih, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi.

Padahal dulunya destinasi wisata ini hampir tak pernah mendapatkan perhatian wisatawan. Namun, berkat kerja keras pengelola dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan konservasi terumbu karang, kini objek wisata di Banyuwangi ini tumbuh dengan pesat dan berhasil menyedot wisatawan. Banyuwangi bahkan menyabet juara kawasan bersih tingkat ASEAN, mengalahkan kawasan Asia Tenggara lainya.

Selain karena faktor kebersihan, keterlibatan masyarakat dalam mengelola objek pariwisata Pantai Grand Watu Dodol juga menjadi penilaian khusus.

Penilaian penghargaan ini dilakukan ketat berdasar 108 kriteria. Dari 108 kriteria, Banyuwangi mendapat nilai 87,04 persen. Materi penilaian tak hanya tentang kebersihan, tapi semua proses yang mendukung tercapainya situasi nyaman bagi wisatawan.

ASEAN mengapresiasi inovasi program pariwisata Banyuwangi yang banyak dimulai dari pendekatan sosial budaya, sehingga efektif menggerakkan masyarakat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Saat berada di Pantai Grand Watu Dodol ini kamu bisa snorkeling, diving, dan bermain wahana air seperti banana boat.

Dari pantai tersebut, kita bisa melihat Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan. Pulau Menjangan merupakan wilayah konservasi yang berada di Taman Nasional Bali Barat yang terkenal dengan wisata bawah lautnya. Adapun Pulau Tabuhan masih berada di wilayah Banyuwangi dan juga menawarkan wisata bawah laut.

Meski kamu tak menyeberang ke Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan, kamu masih bisa snorkeling, diving dan bermain wahana air di Grand New Watu Dodol. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di beberapa gazebo atau balai-balai yang bisa digunakan untuk beristirahat bersama keluarga, sambil menikmati es kelapa.

Nah, untuk bisa masuk ke lokasi wisata pantai terbersih se-ASEAN ini, kamu tinggal menyiapkan biaya masuk Pantai Grand Watu Dodol Rp 5.000 untuk Senin sampai Sabtu dan Rp 7.000 di hari Minggu.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/keren-pantai-grand-watu-dodol-ini-dinobatkan-jadi-pantai-terbersih-se-asean/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.