Sukses

Ingin Cepat Selesaikan Skripsi? Ikuti Lima Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa tingkat akhir yang harus menghadapi skripsi tentu membutuhkan banyak persiapan dalam berbagai aspek. Salah satu yang paling penting adalah persiapan mental.

Banyak yang mengatakan skripsi seperti mimpi buruk yang tak kunjung berakhir. Hal itu terjadi tentu karena mahasiswa tersebut belum cukup dalam melakukan persiapan mental dalam menghadapi skripsi. Berikut ini kiat untuk mahasiswa tingkat akhir yang hendak menghadapi skripsi.

Ingat Biaya Kuliah

Biaya pendidikan, terutama perkuliahan itu mahal. Walaupun dibiayai orang tua, tetap ingatlah betapa kerasnya usaha orang tuamu untuk dapat membiayai pendidikan anak-anaknya. Ingat bahwa belum tentu semua orang bisa beruntung sepertimu yang bisa merasakan pendidikan hingga tingkat perkuliahan.

1 dari 5 halaman

Buat Agenda dengan Target Penyelesaian Skripsi

Membuat jadwal/agenda yang rapih tentu akan membantumu menyusun plan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sebelum mulai mengerjakan skripsi, baiknya kamu membuat agenda selama satu semester yang berisi kapan kamu harus mengerjakan skripsi, kapan kiranya kamu membutuhkan sedikit refreshing di tengah pengerjaan skripsi, dan lain sebagainya. Hal ini akan menghindarimu dari tidak sebandingnya waktu bersenang-senang/refreshing-mu dengan waktu pengerjaan skripsi itu sendiri.

2 dari 5 halaman

Mengurangi Kegiatan yang Tidak Berkaitan dengan Pengerjaan Skripsi

Menjadi mahasiswa aktif memang merupakan salah satu kunci sukses di dunia kerja nantinya. Bergabung dalam organisasi ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pun penting dilakukan oleh setiap mahasiswa. Namun untuk para mahasiswa tingkat akhir, terutama yang hendak memulai pengerjaan skripsi, sebaiknya mengurangi kegiatan-kegiatan tersebut. Mengurus sebuah organisasi, komunitas, ataupun UKM cukup memakan waktu dan tenaga yang banyak. Lebih baik mulailah percayakan pada junior-junior yang masih memiliki waktu lebih luang untuk lebih aktif.

3 dari 5 halaman

Perbanyak Diskusi dengan Alumni

Membangun hubungan yang baik dengan senior sedari masih menjadi mahasiswa baru sangatlah penting dilakukan. Hal tersebut akan berguna seiring berjalannya waktu kamu menjalani perkuliahan. Terutama saat dihadapi dengan pengerjaan skripsi. Senior-senior yang sudah merupakan alumni saat kamu mengerjakan skripsi, tentu akan banyak memberimu masukan dan saran sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang telah mereka lalui saat mereka mengerjakan skripsi dulu. Hal tersebut otomatis akan membantumu mengerjakan skripsi, baik cara pengerjaannya, hingga ilmu-ilmu terkait topik yang kamu angkat dalam skripsimu

4 dari 5 halaman

Hindari Skripsi Sambil Kerja

Berupaya mencari uang sendiri agar meringankan beban orang tua memang sifat yang mulia. Tetapi dalam melakukannya, kamu harus mengetahui batas kemampuan dirimu. Banyak mahasiswa yang mencoba-coba mengerjakan skripsi sambil bekerja sambilan, dan justru malah memperlambat waktu pengerjaan skripsinya. Hal itu kemudian berpengaruh pada lamanya perkuliahan dan biaya tambahan yang harus dibayar lagi karena perpanjangan masa kuliah. Jika bersabar sedikit hingga lulus baru bekerja justru akan meringankan beban diri sendiri dan orang tua. Mulai dari waktu hingga biaya yang dikeluarkan.

So, sudah siap mengerjakan skripsi?

 

Penulis:

Alca Octaviani

Universitas Multimedia Nusantara

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Iqbaal Ramadhan Pilih Sekolah Biasa Ketimbang Homeschooling
Artikel Selanjutnya
Syuting Video Clip Saat Puasa, Dea Dalila: Nggak Masalah