Sukses

Makan Permen Karet Justru Bikin Bau Mulut, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka dengan permen karet? Untuk menghilangkan pahit dan aroma tak sedap pada mulut, biasanya banyak orang mengonsumsi permen karet.

Selain itu, permen karet juga dianggap dapat menghilangkan jenuh dan rasa kantuk. Serta bisa menjadi hiburan bagi orang-orang yang suka meniup permen karet menjadi balon.

Selain kelebihan tersebut, ternyata permen karet bisa membuat masalah pada mulut menjadi lebih buruk. Rasa mereka yang beragam dan kuat di mulut ternyata dapat memicu bau mulut.

James Buchanan, seorang dokter gigi asal Maryland, Amerika Serikat mempelajari lebih dalam tentang pengaruh permen karet terhadap mulut para pasiennya. Bedasarkan pengamatannya, kebanyakan permen karet yang telah dikonsumsi para pasien James justru malah bekerja sebaliknya, yaitu memicu bau mulut.

2 dari 3 halaman

Apa yang Sebaiknya Dikonsumsi?

James mengatakan bahwa bukan kandungan gula dari permen karet yang mempengaruhi reaksi kuman penyebab bau mulut pada gusi. Namun, ada reaksi lain dalam kandungan permen karet yang dapat berubah menjadi asam.

"Bakteri pada mulut dapat mengubah gula dalam permen karet mint menjadi kandungan asam. Itulah yang dapat menurunkan gigi dan menyebabkan bau pada mulut," kata James, melansir Shared, Minggu (14/1/2018).

Lalu apa yang harus dimakan untuk menghilangkan bau pada mulut?

Makan buah dan yogurt di pagi hari sebenarnya bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan bau mulut. Yogurt dipercaya dapat membersihkan mulut dari bakteri dan menyegarkan mulut.

Sedangkan, buah seperti apel dan sayuran seledri dianggap dapat menurunkan bau pada mulut. Kandungan air dalam sayur dan buah tersebut membantu membersihkan partikel sisa-sisa makanan yang terselip dalam gigi serta gusi.

3 dari 3 halaman

Permen Karet Miliki Manfaat

Jika kamu tak memiliki banyak opsi untuk menghilangkan bau mulut, ada baiknya mengonsumsi jenis permen karet yang tidak mengandung gula. Biasanya rasa manis permen karet yang tak mengandung gula berasal dari xylitol dan aspartam sehingga tak menyebabkan kerusakan lubang-lubang pada gigi.

Permen karet sebenarnya juga memiliki manfaat yang tak kalah baik. Beberapa di antarnya yakni menjaga kesehatan gigi dan mulut jika kamu memilih jenis permen yang tepat. Permen karet dapat membantu meningkatkan produksi saliva atau air liur sehingga zat asam yang dihasilkan bakteri dapat berkurang.

Selain itu, permen karet juga dianggap dapat menurunkan berat badan. Dengan mengunyah permen karet, hal ini dapat mengurangi napsu makan dan dapat mengontrol kalori yang lebih sedikit saat makan. Kemudian, permen karet juga bisa membantu orang-orang yang berusaha mengatasi kecanduan merokok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Gosipnya 4 Seleb Hollywood Ini Memiliki Aroma Tubuh Tak Sedap