Sukses

Dapat Ilham, Pendeta Sembuhkan Penyakit dengan Antiseptik

Seorang pendeta mengklaim jika cairan antiseptik mampu menyembuhkan berbagai penyakit jemaatnya.

Liputan6.com, Afrika Selatan - Masyarakat tampaknya hingga kini masih percaya dengan berbagai cara atau ritual aneh yang tak masuk akal untuk dapat menyembuhkan penyakit yang mereka derita tanpa perlu pertolongan tenaga medis.

Baru-baru ini segelintir orang di Afrika Selatan percaya jika cairan antiseptik mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita berkat ilham yang didapat pendeta bernama Rufus Phala.

Dilansir Buzznigeria, Selasa (13/12/2016), setiap layanan Minggu, Phala selalu menyuruh jemaatnya di Gereja Kristen Spiritual AK, di Makgodu, Limpopo, Afrika Selatan, untuk minum cairan Dettol agar mereka sembuh dari segala macam penyakit.

"Saya tahu Dettol berbahaya jika diminum, tapi Tuhan memerintahkan saya untuk menggunakannya. Saya adalah orang pertama yang meminumnya," jelas Phala.

Para jemaatnya bahkan mengirimkan pesan singkat kepada Phala untuk menuturkan terima kasih karena berkat cairan tersebut mereka telah sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Dr. Mabowa Makhomisane, dokter umum setempat menjelaskan jika Dettol sebaiknya tidak diminum karena cairan tersebut biasanya digunakan untuk campuran pada air di bak mandi atau untuk membersihkan luka.

"Jika masuk ke dalam perut, cairan tersebut akan menyerap ke tubuh kamu, itu akan mengurangi jumlah oksigen dalam sistem kamu. Mungkin ini juga akan menewaskan kamu," kata dr Mabowa.

"Jika cairan masuk ke dalam paru-paru, hal itu akan menyebabkan pneumonia aspirasi. Nantinya paru-paru kamu akan bengkak dan kamu tidak dapat bernapas," lanjutnya.

Dr Mabowa juga menyarankan bagi orang-orang yang telah meminum cairan antiseptik tersebut segera berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa apakah ada kerusakan yang terjadi pada tubuhnya.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini