Sukses

7 Ras Kucing Langka yang Jarang Diketahui Orang

Kucing-kucing ras langka ini jarang diketahui oleh masyarakat sebelumnya. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kucing rumah/domestik telah ada dalam budaya manusia sejak zaman Mesir kuno. Bahkan, ada bukti domestikasi kucing di Tiongkok lebih dari 5.000 tahun yang lalu!

Saat ini, ada lebih dari 70 keturunan kucing domestik yang diakui oleh International Progresif Cat Breeders Alliance. Berikut, 7 ras kucing paling langka yang jarang diketahui orang seperti dilansir dari Unbeliveablefact.

1. The Japanese Bobtail

Merupakan kucing langka asli Jepang dengan ekor yang menyerupai kelinci. Berkembang biak selama berabad-abad di Jepang dan sering muncul dalam cerita rakyat.

Kucing ini merupakan jenis yang aktif dan loyal terhadap pemiliknya. Dibanding kucing lainnya, mereka merupakan kucing yang mudah untuk dilatih.

2. Ukrainian Levkoy

- 

Kucing Levkoy dikembangkan di Ukraina antara tahun 2000-2011. Kucing ini diciptakan dari perkawinan Donskoy betina dengan Fold Skotlandia jantan. Mereka tumbuh dengan telinga yang melipat ke dalam dan tubuh yang nyaris botak.

Kulit mereka lembut, elastis, dan keriput. Kucing ini perlu perawatan khusus untuk melindungi mereka dari sinar matahari langsung dan kondisi dingin. Walau demikian, Levkoy merupakan kucing yang ramah dan suka diperhatikan.

The Colorpoint Shorthair

3. The Colorpoint Shorthair

Kucing ini asalnya dari upaya untuk menghasilkan kucing Siam dengan warna yang berbeda. Pada tahun 1940, peternak mengawinkan Siam, Abyssinian, dengan kucing berbulu pendek berwarna merah.

Kucing jenis ini termasuk cerdas, ramah, penyayang, dan aktif. Mereka ekstrovert tapi tak dapat beradaptasi dengan baik terhadap perubahan lingkungan atau orang asing.

4. Sphynx

-

Dikembangkan melalui pembiakan selektif pada tahun 1960, kucing ini dikenal karena kurangnya bulu mereka. Kucing jenis ini cerdas, suka ingin tahu, penyayang, dan mempunyai semangat yang tinggi.

5. Cornish Rex

-

Kucing jenis ini memiliki bulu yang keriting. Awal lahir di sebuah peternakan pada tahun 1950-an di Cornwall, Inggris.

Kucing jenis ini cocok hidup di dalam ruangan karena bulu mereka tak cocok berada di luar rumah. Mereka merupakan kucing yang petualang, suka menjelajah, mudah beradaptasi, dan cerdas.

Savannah

6. Savannah

Adalah kucing hybrid yang merupakan persilangan antara kucing liar besar Afrika dengan kucing demostik. Tubuhnya tinggi dan menyukai air.

Kucing Savannah pertama lahir pada tahun 1986 yang mengawinkan kucing Bengal dengan kucing Siam. Kucing ini populer di akhir tahun 1990 dan diterima Asosiasi Kucing Internasional pada tahun 2001.

7. Peterbald

-

Merupakan jenis kucing Rusia yang menyerupai Oriental Shorthair. Gen yang mereka miliki sebabkan rambut yang tipis bahkan nyaris botak saat dilahirkan, ekor lurus, dan telinga lebar.

Kucing jenis ini diciptakan pada awal 90-an di St. Petersburg, Rusia dan merupakan hasil eksperimen perkawinan jenis Don Hairless Donskoy jantan dengan Oriental Shorthair betina. Peterbald baru diterima di Feline Federasi Rusia pada tahun 1996.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini