Sukses

Obesitas, Pria Berbobot 498 Kg Hanya Bisa Bernafas di Kasur

Juan Pedro Franco Salas memiliki berat hampir 498 kg yang membuatnya selama 6 tahun harus berada di tempat tidur.

Liputan6.com, Meksiko - Kasus obesitas yang dialami anak-anak di Tanah Air seperti Rizky Rahmat Ramadhan (10) dan Arya Permana (10), ternyata juga dialami seorang pria dari Meksiko.

Juan Pedro Franco Salas, pria berusia 32 tahun ini memiliki berat hampir 498 kilogram. Kondisinya itu membuatnya harus berada di tempat tidur selama enam tahun sambil menjalani perawatan dari tim medis di kamar rumahnya. 

Dilansir Metro, Kamis (17/11/2016), Gabriela Centeno, juru bicara Dr Jose Antonio Castaneda mengatakan jika pasien telah dibawa ke Guadalajara, Meksiko dari rumahnya di pusat kota Aguascalientes, Meksiko untuk mengambil sampel darahnya.

Dia mengatakan jika Juan akan tetap di rumah selama beberapa bulan mendatang untuk menjalani pengobatan secara intensif.

Juan Pedro Franco Salas/dok: metro.co.uk

Tim medis juga memerlukan peralatan khusus untuk memindahkan Juan ke rumah sakit, karena bobot tubuhnya membuatnya kesulitan untuk berjalan.

Juan pun kini sedang bersabar melakukan perawatan medis untuk bisa kembali menjalani aktivitas dan hidupnya dengan normal.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Inggris mengungkapkan jika kelebihan berat badan bisa memicu risiko 13 jenis kanker, diantaranya kanker kandung kemih perut, multiple myeloma (jenis kanker yang menyerang sel plasma), payudara, usus besar, tiroid, hati dan empedu.

Juan Pedro Franco Salas/dok: metro.co.uk

Temuan ini didasarkan pada review lebih dari 1.000 studi berat badan dan risiko kanker dianalisis oleh Badan Organisasi Kesehatan Dunia Internasional untuk Kanker pada Penelitian (IARC).

Studi yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine ini bisa menjadi peringatan bagi populasi global karena diperkirakan 640 juta orang dewasa dan 110 juta anak mengalami obesitas.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini