Sukses

Terbongkar, Ini Sosok Umar Bakri yang Dinyanyikan Iwan Fals

Melalui unggahan di media sosial, penyanyi Iwan Fals memperkenalkan sosok yang menginspirasi lagi Oemar Bakri.

Liputan6.com, Jakarta Tas hitam dari kulit buaya
Selamat pagi berkata bapak Umar Bakri
Ini hari aku rasa kopi nikmat sekali

Tas hitam dari kulit buaya
Mari kita pergi memberi pelajaran ilmu pasti
Itu murid bengalmu mungkin sudah menunggu

Petikan lirik awal lagu berjudul Umar Bakri yang dinyanyikan Iwan Fals akrab di telinga, khususnya generasi 90-an. Umar Bakri menjadi satu lagu di album Sarjana Muda yang dirilis pada September 1981.

Di lagu Umar Bakri ini, Iwan Fals menceritakan sosok seorang guru sederhana yang mengajar tanpa pamrih.

Diiringi irama musik riang, Iwan Fals menuliskan lirik tentang penghargaannya untuk guru meskipun "... gaji guru Umar Bakri. Seperti dikebiri". Namun, siapakah sosok Umar Bakri yang dinyanyikan Iwan Fals?

Ternyata, tokoh Umar Bakri bukan hanya tokoh fiktif atau rekaan semata. Melalui akun media @iwanfals, penyanyi bernama Virgiawan Listanto ini mengungkapkan sosok yang menginspirasi menciptakan lagu Umar Bakri. 

Melalui akun Instagram, Iwan Fals membongkar sosok Umar Bakri yang menginspirasi lagunya. Foto: Istimewa

Siapakah sosok Umar Bakri yang telah berusia lanjut itu? Dan, bagaimana komentar netizen? Simak dengan kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Kisah Horor yang Legendaris di SMA Tugu - Malang. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.