Sukses

Meski Tak Punah, Tiongkok Tetap Lakukan Konservasi Panda

Panda raksasa kini tidak lagi digolongkan sebagai hewan yang "terancam" punah.

Liputan6.com, Jakarta - Panda raksasa kini tidak lagi digolongkan sebagai hewan yang "terancam" punah. Pemerintah Tiongkok telah berupaya untuk melakukan konservasi pada hewan tersebut.

Dilansir Mirror (04/09/2016), menurut Persatuan Internasional Konservasi Alam (IUCN), penduduk Tiongkok telah berupaya melakukan langkah-langkah yang efektif untuk melindungi dan menciptakan hutan.

WWF mengatakan, hal ini menjadi kabar yang sangat menggembirakan. Glyn Davies, direktur eksekutif program global WWF-UK menjelaskan: “Ini merupakan keberhasilan konservasi yang signifikan selama beberapa tahun. Tidak hanya pemerintah Tiongkok yang berperan dalam konservasi ini, tetapi masyarakat dan LSM juga ikut andil.”

dok: metro.co.uk

Namun Glyn juga menambahkan jika keberhasilan tersebut membuat konteks yang lebih luas dari rata-rata penurunan sebanyak 52% dalam populasi mamalia, burung, reptil, amfibi dan ikan antara tahun 1970 dan 2010.

IUCN mengingatkan perubahan iklim diperkirakan sudah menghapus lebih dari sepertiga atau sekitar 35% dari habitat panda bambu. Hal ini dapat membalikkan keuntungan yang dibuat selama dua dekade terakhir.

The Red List mengungkapkan, empat dari enam kera besar di dunia sekarang terancam punah. Populasi gorila timur ditemukan di Rwanda, Uganda dan Republik Demokratik Kongo Timur (DRC), Afrika menurun sebanyak lebih dari 70% selama 20 tahun terakhir.

dok: metro.co.uk

Salah satu dari dua subspesies, gorila grauer yang hanya ditemukan di DRC timur, telah kehilangan 77% dari penduduknya sejak tahun 1994, dengan nomor jatuh dari 16.900 menjadi hanya 3.800 pada 2015, mengatakan konservasi.

"Kita hidup di masa perubahan yang luar biasa dan setiap update IUCN Red List membuat kita menyadari betapa cepat krisis kepunahan global meningkat.

Menurut IUCN, tindakan konservasi adalah cara untuk meningkatkan populasi hewan-hewan tersebut agar tidak punah. Kita harus tetap melindungi masa depan hewan, alam dan bumi kita.

Di antara kera besar, gorila timur, gorila barat, orangutan Kalimantan dan orangutan Sumatera kini terdaftar sebagai terancam punah, sama seperti simpanse dan bonobo.

(ps/ul)

Penulis:

Pamela Sandri
Universitas Pancasila

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.