Sukses

Moodbank, ATM untuk Simpan Rasa, dari Galau hingga Gembira

Di ATM ini, nasabah dapat megungkapkan dan menyimpan suasana hati yang sedang dialami. Mulau dari perasaan galau, senang hingga marah.

Liputan6.com, Auckland - Bila di bank seorang nasabah dapat menyimpan uang, di Moodbank nasabah 'menyimpan' perasaan yang sedang dialami. Persis seperti mesin ATM pada umumnya, ATM Moodbank dilengkapi dengan layar sentuh yang menampilkan ribuan perasaan nasabahnya.

Dilansir dari laman BBC, Kamis (11/8/2016), Moodbank berawal dari kolaborasi ide Dr. Sarah Elsie Baker dan seniman Vanessa Crowe. Dr. Sarah Elsie Baker merupakan pengajar di Victoria's School of Design, Selandia Baru. Mereka berdua ingin mendapat gambaran bagaimana keadaan emosi penduduk berbagai kota besar di dunia.

Saat ini, ATM Moodbank ditempatkan di jalanan kota Auckland, Selandia Baru dan sedang mengumpulkan berbagai perasaan pejalan kali yang melewati keramaian kota. Semua perasaan dikumpulkan dan disimpan untuk mengetahui situasi masyarakat kota Auckland.

"Kami melakukan pencatatan seperti debit dan kredit bank. Ini seperti mengumpulkan emosi tentang rasa suka dan sedih yang dialami masyarakat," ujar Vanessa Crowe kepada Lonely Planet.

"Bahagia ibarat kredit, dan sedih ibarat debit. Kami bermaksud menyampaikan bahwa emosi adalah hal berharga yang dimiliki manusia," lanjutnya. Simak kelanjutan artikel dan video ATM Moodbank dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.