Sukses

Empat Hal Ini Sebaiknya Tidak Dilakukan di Hotspot WiFi Gratisan

Hotspot WiFi gratisan bisa menjadi celah yang dapat digunakan oleh para peretas untuk mencuri data pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Sambungan yang menggunkan Internet nirkabel atau WiFi gratisan makin mudah ditemui di berbagai tempat. Mulai dari kedai kopi, pusat perbelanjaan hingga stasiun kereta api terdapat hotspot wifi yang gratis digunakan tanpa kata sandi.

Namun, acapkali hotspot WiFi gratisan yang mudah digunakan membuat penggunanya terlena. Harus diingat bahwa aktivitas berinternet menggunakan WiFi gratisan menjadi celah meretas data Anda.

Dilansir dari laman Purewow, Sabtu (30/07/2016), ahli keamanan komunikasi Shaun Murphy memberikan pendapatnya tentang apa yang harus dihindari saat mengakses Internet di di Hotspot WiFi gratisan berikut ini :

1. Jangan membuka email yang berkait dengan rekening bank

Sistem perbankan yang semakin canggih mempermudah nasabah untuk mengetahui aktivitas perpindahan dan di rekeningnya sewaktu-waktu. Saat mendaftarkan akses membuka akun Internet bank, tentu ada email yang harus didaftarkan terlebih dulu.

Menurut Shaun Murphy, membuka email yang berkait dengan rekening bank menggunakan hotspot WiFi umum memiliki efek yang merugikan. Peretas dapat mencuri identitas Anda memanfaatkan celah keamanan di WiFi umum untuk menulis ulang akses menuju rekening bank.

Simak tips dari ahli keamanan komunikasi Shaun Murphy berikutnya dengan mengeklik tautan ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.