Sukses

Cara Membuat AC Sederhana Tanpa Listrik dari Botol Air Mineral

Citizen6, Jakarta - Ide mendinginkan ruangan dengan botol air mineral itu muncul dari Daulatdia, Rajbari, Bangladesh. Sebuah negara di Asia Selatan yang kerap dilanda cuaca panas hingga mencapai 45 derajat celcius.

Rata-rata penduduk di Balngladesh berekonomi rendah, meski suhu amat panas mereka akan berpikir dua kali untuk membeli Air Conditioner (AC). Jangankan memakai AC, lebih dari 28.000 orang bahkan masih tinggal tanpa aliran listrik di gubuk kecil mereka. Jadi amat kecil kemungkinan, warga memakai kipas angin.

Oleh karena itu, muncul inisiatif untuk mengusir hawa panas dengan cara amat sederhana. Sebuah akun media sosial Bang-Lish Bhaichainchain menjelaskan proses pembuatan alat pendingin udara tersebut.

Pertama yang dibutuhkan hanya botol plastik bekas air mineral dan papan dengan lebar sesuai kebutuhan. Botol plastik itu kemudian dipotong tengah dan diambil bagian atas. Lalu bagian botol yang paling atas dimasukkan ke dalam papan yang sudah dilubangi seukuran tutup botol.

Sekilas, kita tidak akan percaya bagaimana bisa botol-botol itu akan mendinginkan suhu ruangan yang amat panas. Ternyata cara kerjanya mirip dengan mulut saat meniupkan angin.

Angin yang masuk melalui bagian tengah botol akan dihempaskan melalui tutup botol dengan tekanan yang lebih keras. Sehingga hempasan angin yang bertubi-tubi akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk.

Dalam video itu juga dijelaskan, ide mendinginkan ruangan dengan botol ini merupakan cara paling alternatif yang bisa dilakukan oleh warga yang belum menggunakan listrik. Terbukti botol bekas air mineral itu mampu menurunkan suhu panas 5-10 derajat celcius.

Penasaran, simak baik-baik videonya.

Artikel Rekomendasi

Habiskan 1 M untuk Plat Nomor Cantik, Sopir Ini Ditilang 8 Kali Sehari

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video