Sukses

Calon Suami Tak Punya Toilet, Gadis Ini Batalkan Pernikahannya

Nasib malang dialami oleh seorang mempelai laki-laki di India.

Citizen6, Jakarta - Nasib malang dialami oleh seorang mempelai laki-laki di India. Tepat pada hari pernikahannya, calon istrinya tiba-tiba saja membatalkan pernikahan yang telah dihadiri banyak orang.

Pengantin perempuan sengaja membatalkan pernikahan itu karena pihak laki-laki sampai hari pernikahan tak mampu menyediakan toilet di rumahnya.

Perempuan berusia 25 tahun yang tak disebutkan namanya ini sebenarnya sudah menyepakati untuk menikah dengan laki-laki di Lucknow India Utara. Dengan bantuan LSM setempat mereka mereka berencana menikah pada hari Minggu.

Namun, perempuan itu membatalkan upacara pernikahan setelah ia tak menemukan toilet di rumah pengantin laki-laki.

Uniknya, keputusannya itu didukung oleh seluruh pihak keluarga. Keluarga pihak perempuan mengklaim telah melaporkan kejadian ini kepada polisi.

Dan LSM setempat yang mengurus pernikahan yang gagal itu lalu mengusulkan perempuan itu untuk menikah dengan laki-laki yang telah mempunyai toilet, seperti yang dilaporkan the Indian Express reports.

Perempuan itu pun menyetujuinya.

Pada tahun 2014, The Economist melaporkan ada sekitar 130 juta rumah tangga India tidak memiliki toilet di rumah dan diperkirakan satu miliar orang di dunia yang tidak memiliki akses sanitasi yang layak. Diperkirakan 600 juta dari mereka berasal dari India.

Menurut Hak Pee kampanye, yang didirikan pada tahun 2011, di Mumbai ada 10.000 gratis atau membayar digunakan toilet, tetapi hanya 37 persen dari mereka yang terbuka untuk perempuan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini