Sukses

Batal Menang Lomba, Foto Pesawat Ini Justru Dikecam dan Jadi Meme

Kompetisi fotografi amatir yang digelar Nikon menuai kecaman dari pecinta fotografi.

Citizen6 Jakarta Kompetisi fotografi amatir yang digelar Nikon menuai kecaman dari pecinta fotografi. Pasalnya, dalam lomba itu, Nikon dianggap tak layak memilih pemenang. Ketaklayakan itu menimbulkan polemik di media sosial Instagram. Pemenang yang dipilih Nikon, Chay Yu Wei terbukti melakukan pengeditan foto dan mengirim foto yang tak orisinal.

Nikon akhirnya mencabut status juara pada Chay dan meminta maaf kepada publik. Lewat akun resmi Facebook, Nikon menyampaikan permintaan maafnya, "Kami melakukan kesalahan dan respons yang besar dari komunitas hari ini mengingatkan kami bahwa semangat sejati fotografi sangat hidup."

sumber: BBC

Kecurangan Chay terungkap setelah pengguna media sosial Intagram menemukan kesamaan pada karya Chay yang telah diunggah setahun lalu. Foto dengan konsep pesawat berada di atas gedung itu sebelumnya pernah diunggah oleh Fotografer Singapura, Lee Yik Keat di akun Instagramnya.

sumber: BBC

Walau tidak spesifik menyebut Chay mengambil foto itu, namun netizen yakin jika foto tersebut mempunyai komposisi yang sama nyaris 100%. Lalu Nikon pun mencabut gelar pemenang lomba pada Chay, pihak Nikon memosting permintaan maaf. Tidak ketinggalan, Chay juga melakukan hal yang sama di Instagramnya. Ia meminta maaf kepada netizen pecinta fotografi.

sumber: BBC

Sejurus dengan itu, netizen yang geram memberikan sanksi sosial berupa meme dengan bahan karya Chay yang telah menyebar di Instagram. Seperti foto yang diunggah pengguna Facebook Gx Chua yang mengedit foto Chay dengan menunjukkan Teletubbies di langit. Ada pula akun Hui Ying yang menyindir satir dengan mengedit gambar makhluk luar angkasa yang terbang di atas gedung.
 
(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini