Sukses

Gwynedd, Desa Terpencil yang Cantik di Inggris

Citizen6, Jakarta Dari serangkaian road trip menjelajah Wales musim panas lalu, kami berkesempatan mengunjungi Wales Utara. Di sana ada sebuah semenanjung bernama Gwynedd yang sangat luar biasa indahnya. Dari sini kita bisa melihat indahnya laut lepas dalam ketenangan dan kedamaian.

Kawasan ini sangat terpencil. Tapi, justru karena terpencilnyalah, kawasan wisata andalan Wales Utara ini sangat eksklusif.

Dulunya, semenanjung ini kosong. Pada tahun 1925 seorang arsitek andal ternama Sir Clough William Ellis membeli lahan ini. Kemudian ia membangunnya menjadi sebuah desa.

Sir Clough William Ellis pernah tinggal di Italia. Karena kecintaannya pada desain arsitektur Italia, maka iapun membangun desa buatan berarsitektur Italia di lahannya ini. Selanjutnya desa tersebut diberi nama Desa Portmeirion.

Bangunan-bangunan yang berdiri di sani tidak mirip antara satu dan lainnya. Keheterogenan model bangunan-bangunan dengan garis atap yang bereda membuat kita tak bosan melihatnya. Sir Clough William Ellis adalah seorang arsitek yang sangat memperhatikan setiap detail bangunannya. Sehingga setiap bangunan memilik kecantikannya tersendiri. Hak heran jika ia menghabiskan waktu 50 tahun untuk membentuk desa berarsitektur Italia tersebut.

Selengkapnya

Penulis:

Rosi Meilani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading