Sukses

Mengapa Blog Masih Relevan hingga Kini?

Anda yang gemar ngeblog pasti tahu pepatah Latin 'Scripta manent verba Volant'.

Citizen6, Jakarta Anda yang gemar ngeblog pasti tahu pepatah latin 'Scripta manent verba Volant. Dalam bahasa Indonesia pepatah itu bisa dipahami sebagai, apa yang tertulis akan abadi dan apa yang diucapkan akan hilang tertiup oleh angin.

Isitilah ngeblog mulai populer di era 90-an, pegiatnya disebut blogger. Tidak peduli dari platform apa pun, bisa Blogspot, Tumblr, Wordpress, dan sebagainya.

Blog banyak digemari penggunanya karena menyediakan ruang gerak yang luas untuk berbagi informasi, seperti musik, film, buku, kuliner, cerita cinta, dan lain-lain.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi berbasis social media, aktivitas ngeblog sempat kurang (kalau tidak mau disebut tidak) populer. Dua raksasa besar bernama Facebook dan Twitter sempat merebut kegemaran ngeblog.

Namun seperti menemukan zamannya sendiri, kini orang-orang mulai berpikir, Facebook dan Twitter mempunyai sensasi dan ciri khas sendiri yang tidak bisa mewakili (apalagi) menggantikan blog.

Status di Facebbok hanya tuntas dibaca semenit, tweet di Twitter hanya ringkasan pendapat yang cepat dimengerti lantas dilupakan tak kurang dari 20 detik. Simpati yang diberikan cuma sebatas 'like' atau tweet di Twitter. Penghargaan itu rasanya terlalu sedikit dan lambat laun rasanya semakin hilang maknanya.

Hal ini tentunya berbeda dengan aktivitas ngeblog. Seseorang yang mengunjungi blog berarti menambah statistik blog: seberapa banyak informasi kita dibaca orang hari ini. Kepuasan orang memang berbeda-beda, tetapi bagi para blogger memeriksa statistik blog adalah kegemaran yang menyenangkan.

Tak jarang juga blog kita mendapat tawaran iklan. Jadi bukan hanya soal kepuasan, dengan blog Anda juga bisa menghasilkan uang. Itulah kenapa blog sampai saat ini masih berharga. Selamat Hari Blogger Nasional.

Berikut beberapa ciapan dari para blogger di Twitter, dengan hastag #HariBloggerNasional.‏@Adindathomass: "Selamat pagi, selamat #HariBloggerNasional semoga para blogger semakin kreatif."

@Strategi_Bisnis: "Namun ada alasan lain yg jg krusial. Krn blog itu telah memberikan massive income kpd bloggernya. #HariBloggerNasional. (War)*


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini